Thursday, 06 Aug 2020
Temukan Kami di :
News

Viral Foto Temuan Uang 1 Juta Ringgit di Kapal Equanimity, Polri : Itu Tidak Benar.. HOAX!

Aisyah Isyana - 06/03/2018 23:28

Beritacenter.COM - Pihak Bareskrim Polri telah melakukan penggeledahan dan penyitaan kapal Equanimity di Teluk Benoa Bali. Diketahui, harga kapal Luxury Yatch yang diduga hasil pencucian uang itu mencapai 250 USD atau setara dengan Rp3,5 triliun.

Kasubdit Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) Direktorat Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus Bareskrim Mabes Polri, Kombes Jamaludin menyampaikan, kapal ini berisi 34 orang kru dan memasuki perairan Bali mulai dari bulan November 2017.

"Kita baru dua minggu kemarin memantau kapal ini, tetapi masuk perairan Bali baru bulan November. Dari pengadilan California (Amerika Serikat), kapal ini hasil tindak pidana kejahatan pencucian uang. Kemudian Polri melakukan penyitaan. Karena kapal ini dicari oleh Amerika," ujar Kombes Jamal.

Baca Juga :

Penggeledahan dan penyitaan kapal yang dilakukan penyidik Bareskrim sendiri juga disaksikan Kapten Kapal, kru, dengan pendampingan pengacara.

Namun, pasca dilakukannya penyitaan dan penggeledahan, beredar isu di media sosial terkait adanya temuan uang 1 juta ringgit di dalam kapal tersebut. Isu yang belakangan diketahui hoax tersebut beredar luas secara masif di Malaysia melalui media sosial.

Kombes Jamaludin menegaskan, beredarnya informasi terkait penemuan uang 1 juta ringgit tersebut tidak benar alias hoax. Diduga ada pihak yang tak bertanggung jawab menyebarkan hoax yang menimbulkan keresahan di masyarakat.

"Dalam kegiatan tersebut tidak ditemukan uang sejumlah 1 juta Ringgit seperti yang diisukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab, dimana isu ini sempat menerpa di medsos Malaysia," tegas Kombes Jamaludin.

"Penyidik dalam kegiatan penggeledahan dan penyitaan kapal dilakukan dengan didampingi Kapten kapal beserta kru serta didampingi pengacaranya dan dilakukan dokumentasi dalam setiap kegiatan," tambahnya.

Adapun beredarnya gambar yang menunjukkan sejumlah uang ringgit Malaysia merupakan hoax yang hanya menimbulkan keresahan di masyarakat.

"Isu ini sempat menghangat di media sosial Malaysia, salah satunya dengan gambar berupa uang ringgit Malaysia yg dibungkus plastik setinggi kurang lebih 1 m, dan itu adalah hoax," pungkasnya




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA