Monday, 20 Aug 2018
Temukan Kami di :
Opini

Kisah Seorang Tamu Nabi Sulaiman AS Yang Minta Dihindarkan Dari Malaikat Maut

Indah Pratiwi - 23/02/2018 12:35 Ilustrasi

Beritacenter.COM - Suatu hari ada seorang laki-laki yang berusaha menghindar dari kematian. Malaikat Izrail yang merupakan pencabut nyawa datang ke hadapan Nabi Sulaiman AS. Seketika malaikat maut itu menajamkan pandangannya kepada seorang pria yang berada di samping Nabi Sulaiman AS.

Dikisahkan dalam sebuah kitab al-Majallis as-Saniyyah karya Syekh Ahmad bin Syekh Hijazi Al Fusyni. Kemudian setelah memandang dengan tajam malaikat maut itu kepada seorang tamu Nabi Sulaiman AS, malaikat itu seketika langsung pergi. Tak berselang lama, seorang pria yang berada di samping Nabi Sulaiman AS bertanya, "Wahai Nabi Allah, Siapa Dia?" "Dia adalah malaikat maut,"jawab Nabi Sulaiman AS, Jumat(23/2).

Baca Juga: Kisah Seorang Nenek Tua Bersama Guguran Dedaunan Bikin Netizen Terharu

Seorang pria itu berkata lagi,"Wahai Nabi Allah, tadi aku melihat dia selalu melirik kepadaku. Aku menjadi sangat takut. Jangan-jangan dia hendak mencabut nyawaku. Selamatkan aku dari cengkeramannya."

"Bagaimana caranya agar aku bisa menyelamatkanmu?" tanya sang nabi. "Anda suruh saja angin untuk membawaku ke negeri Hindia. Mungkin saja dengan begitu dia akan kehilangan jejakku. Dan tidak akan bisa menemukanku," jawab laki-laki itu.

Baca Juga: Jika Hatimu Seperti Ini, Kamu Manusia Yang Lebih Hina dari Binatang

Atas permintaannya, Nabi Sulaiman AS memerintahkan angin untuk mengantarkannya sampai ke ujung negeri Hindia. Dalam waktu sekejap, saat itu angin segera melaksanakan sebagaimana yang diperintahkan Nabi Sulaiman AS.

Rupanya, malaikat maut itu sudah tiba terlebih dahulu sebagaimana tujuan sang pria itu yang dibawa oleh sang angin. Seketika malaikat itu pun langsung mencabut nyawa laki-laki itu. Setelah mencabutnya, malaikat maut itu menghadap Nabi Sulaiman AS. Kemudian bertanya,"Kenapa tadi Anda melirik kepada laki-laki itu dengan sorotan mata yang tajam?"tanya Nabi Sulaiman AS.

Baca Juga: Ingin Menikah Namun Belum Ketemu Jodoh? Surat Al Qur'an Inilah Jawabannya...

"Aku merasa sangat heran. Aku diperintahkan untuk mencabut nyawanya di Negeri Hindia. Namun keberadaannya saat itu sangat jauh dari negeri itu. Hingga akhirnya tiba-tiba ada angin yang membawanya sampai ke negeri itu. Lalu kucabut nyawanya di negeri itu pula, sesuai dengan apa yang telah ditakdirkan oleh Allah subhanahu wata’ala,"jawab malaikat maut kepada Sulaiman AS.

Kisah tersebut mengisyaratkan bahwa kematian setiap mahluk tidak bisa ditepis dan bisa datang kapan saja lantaran telah digariskan oleh Sang Yang Maha Memberi Kehidupan. Walau demikian ia berusaha menghindar dari maut, manusia akan tetap mati.

Baca Juga: Ada 10 Perkara Doamu Tidak Terkunjung Terkabul

 

Wallahu'alam Bishawab

 




Berita Lainnya

Untuk Apa Kita Hidup di Dunia ?

14/08/2018 20:50 - Indah Pratiwi
Kemukakan Pendapat


BOLA