Wednesday, 16 Oct 2019
Temukan Kami di :
News

Amankan 89 Orang Gila di Bogor, Polisi : Dimandikan, Diberi Makan, Pakaian Hingga Diserahkan ke Dinsos

Aisyah Isyana - 22/02/2018 13:10

Beritacenter.COM - Jajaran Polres Bogor melakukan pengamanan terhadap orang penderita gangguan jiwa yang berkeliaran di jalanan. Dalam operasi yang digelar selama 10 hari, jajaran Polsek di Kabupaten Bogor sudah mengamankan lebih dari 80 orang gila.

"Dalam kurun waktu 10 hari, polisi berhasil mengamankan sekitar 89 orang dengan gangguan jiwa," kata Kapolres Bogor AKBP Andi Moch Dicky Pastika lewat keterangan tertulisnya, Kamis, 22 Februari 2018.

Pihak kepolisian melakukan penjaringan terhadap orang penderita gangguan jiwa dibantu tokoh agama, Satpol PP Kabupaten Bogor, dan Dinas Kabupaten Bogor. Selanjutnya, puluhan orang gila itu kemudian dimandikan, diberikan baju serta diberikan makan.

(Baca Juga : Beredarnya Pesan Penyerangan Ustadz di Tambun, Kapolresta Bekasi : Hoax.. Info Gak Bener!)

Puluhan orang gila itu kemudian diserahkan ke Dinsos Kabupaten Bogor. "Pelaksanaan penjaringan terhadap orang dengan gangguan jiwa tersebut diharapkan dapat mencegah terjadinya aksi main hakim sendiri (persekusi) di tengah masyarakat. Serta memberikan rasa tenang di tengah masyarakat dan membuktikan bahwa isu yang beredar selama ini adalah tidak benar (hoax)," ujar Dicky.

Prihal maraknya isu penyerangan tokoh agama oleh orang sakit jiwa, tak dipungkiri Dicky sempat membuat kecemasan di masyarakat. Oleh karenanya, Dicky menghimbau masyarakat untuk segera melapor ke pihak berwajib bila merasa cemas mendapati orang gila berkeliaran.

Selain itu, Dicky juga menghimbau masyarakat untuk tidak mudah terprovokasi dengan isu yang tak jelas kebenarannya. Dia menegaskan akan mendindka para pelaku penyebar hoax yang membuat resah masyarakat.

(Baca Juga : Diduga Ada yang Koordinir, Polri Siap Ungkap Teror Penyerangan Tokoh Agama)

"Sampai saat ini polisi sudah menindaklanjuti 7 kasus yang berkaitan dengan orang dengan gangguan jiwa yang jadi isu di medsos yang meresahkan masyarakat Kabupaten Bogor, seperti di Babakan Madang, Cigudeg, Cileungsi, Caringin, dan Ciawi," ucapnya.

"Namun setelah ditelusuri ternyata isu penyerangan terhadap tokoh agama yang diduga dilakukan oleh orang dengan gangguan jiwa tersebut terbukti tidaklah benar (hoax)," sambung Dicky.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA