Friday, 21 Sep 2018
Temukan Kami di :
Internasional

2 Kota Suci Umat Islam Kembali Diganggu, Arab Saudi Siap Perang

Indah Pratiwi - 20/02/2018 12:33

Beritacenter.COM - Rencananya internasionalisasi dua kota suci umat Islam Mekah dan Madinah kembali mengemuka ketika Pemerintah Iran mendorong upaya untuk menginternasionalisasi lokasi yang menjadi tempat martabat umat Islam.

Menurut Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Osama bin Mohammed Abdullah Al Shuabi mengatakan bahwa desakan internasionalisasi kota Mekah dan Madinah sebagai mendelegitimasi kerajaan Arab Saudi, Selasa(20/2).

“ Hal ini bukanlah bentuk kebaikan. Ini adalah deklarasi perang terhadap Arab Saudi,” jelas Osama dalam kuliah umum di Universitas Indonesia (UI), Depok, Indonesia, Senin(19/2/2018).

Dilansir kantor berita Turkey, Anadolu Agency mengabarkan Osama menuding wacana internasionalisasi dua kota suci umat Islam ini kembali dihembuskan oleh negara yang memiliki idelogi yang berbeda salah satunya Iran.

Internasionalisasi dua kota suci dapat menjadi ancaman bagi stabilitas Mekah dan Madinah serta wilayah sekitarnya dan akan membuat dua kota itu hancur tak terurus yang dikhawatirkan.

“ Arab Saudi telah memberikan perhatian yang sangat besar dalam penyelenggaraan ibadah haji serta urusan dua tanah suci,” ujar perwakilan MOI Nazar Haris yang juga Ketua Umum Persatuan Umat Islam.

Selain Iran, Pemerintah Qatar rupanya juga menghembuskan isu yang serupa dan langsung ditanggapi oleh Menteri Luar Negeri Arab Saudi Adel Al Jubeir.

" Permintaan Qatar untuk menginternasionalisasi dua kota suci itu agresif dan sebuah deklarasi perang melawan kerajaan," kata Al-Jubeir.

Setelah mencuatnya pernyataan Menlu Arab Saudi, Menteri Luar Negeri Qatar Mohammed bin Abdulrahman Al Thani, membantah isu tersebut. Al Jazeera melaporkan Al Thani mengatakan tak pernah mempolitisasi isu mengenai haji itu.

" Arab Saudi berusaha mempolitisasi haji di tengah krisis Teluk. Tidak ada saran dari pejabat Qatar pendapat mengenai internasionalisasi ini," ucap Al-Thani.



Berita Lainnya

Inggris dan Irlandia Diterjang Badai Ali

20/09/2018 15:44 - Lukman Salasi

Taiwan Tawarkan Jatah Kuota Haji Pada Indonesia

19/09/2018 18:06 - Indah Pratiwi
Kemukakan Pendapat


BOLA