Saturday, 26 May 2018
Temukan Kami di :
Internasional

TKI Tewas Terulang Lagi, LSM Malaysia Nyatakan Kemarahan Kepada Pemerintahnya

Adam Khan - 13/02/2018 13:41

BeritaCenter.com - LSM Malaysia, Tenaganita, menyatakan kemarahannya kepada pemerintah negeri jiran atas kematian Adelina Lisao seorang TKI yang bekerja sebagai Asisten Rumah Tangga (ART) di Malaysia.

"Mengapa kita membiarkan ini terjadi lagi dan lagi? Aturan dan regulasi dalam UU Ketenagakerjaan untuk pekerja rumah tangga tampaknya tidak melindungi para pekerja rumah tangga," ujar direktur Tenaganita, Glorene Das seperti dilansir media Malaysia, New Straits Times, Selasa (13/2/2018).

"Apa yang kita perlukan adalah legislasi terpisah untuk mereka," imbuh Glorene.

Menurut Glorene, selama mereka didefinisikan sebagai pembantu rumah tanga dalam UU Ketenagakerjaan, hal itu menciptakan pemikiran dan mentalitas hubungan majikan-pelayan. "Kita perlu dengan serius menanggulangi akar masalah mengapa majikan-majikan merasa sangat wajar untuk menganiaya seorang pembantu rumah tangga," tuturnya.

"Perlu ada kebijakan dan undang-undang yang efektif untuk melindungi pembantu rumah tangga seperti Adelina dari majikan yang kasar," tandasnya.

Tenaganita merupakan organisasi HAM Malaysia yang berdedikasi untuk membantu, membela dan melindungi para migran, pengungsi, wanita dan anak-anak dari eksploitasi, penyiksaan, diskriminasi, perbudakan dan penyelundupan manusia.

Adelina meninggal dunia pada Minggu (11/2) waktu setempat saat dirawat di Rumah Sakit Bukit Mertajam, usai diselamatkan dari rumah majikannya di Taman Kota Permai, Bukit Mertajam, Malaysia.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA