Saturday, 26 May 2018
Temukan Kami di :
News

Kesuksesan Polri Selamatkan Alum Buat Indonesia Jadi Buah Bibir di Argentina

Kemudian yang kedua ini menjadi spesial karena anak ini sudah dibawa ke beberapa negara mulai dari Bolivia, Brasil, Ethiopia, Malaysia, hingga yang terakhir ke Indonesia

Hiliyah Azizah - 12/02/2018 19:29

Beritacenter.COM - Kesigapan Polri dalam menangani kasus penculikan gadis cilik asal Argentina, Alum Langone Avalos (7) menjadikan Indonesia buah bibir oleh warga Argentina.

Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian sendiri mengatakan bahwa kasus ini terbilang spesial. Pasalnya, ternyata penculikan itu dilakukan oleh ayah kandungnya sendiri yang mana tidak memiliki hak asuh. Ia melakukan aksi tersebut bersama rekan wanitanya dan itu terjadi di Argentina.

Perlu diketahui, di Argentina, membawa lari anak tanpa memiliki hak asuh merupakan kejahatan serius.

"Ini isu sensitif di Argentina," ujar Tito, Senin (12/2/2018).

"Kemudian yang kedua ini menjadi spesial karena anak ini sudah dibawa ke beberapa negara mulai dari Bolivia, Brasil, Ethiopia, Malaysia, hingga yang terakhir ke Indonesia," sambungnya.

Tito menjelaskan, sebelumnya ibu korban sempat menghubungi otoritas di beberapa negara yang sempat disinggahi Alum. Namun, tidak ada respons yang cukup.

Hingga akhirnya ia mengetahui bahwa sang putri tengah berada di Indonesia. Kemudian ia pun mencoba menghubungi pihak otoritas Indonesia.

"Mereka sebetulnya pesimis. Ini mungkin juga tidak direspons," ungkap Tito.

Namun rupanya dugaan wanita itu salah, kepolisian Indonesia justru merespons cepat dan langsung bekerjasama dengan interpol, Polda Sulawesi Selatan, dan Polres Tanah Toraja. Hasilnya, Alum berhasil ditemukan pada 6 Februari 2018.

"Jadi kasusnya sendiri ramai dibicarakan di Argentina, respons cepat kepolisian dan pemerintah Indonesia juga ramai dibicarakan, ucapan terima kasih yang luar biasa," pungkasnya.

Saat ini, lanjut Tito, media nasional dan media sosial Argentina pun sedang ramai membicarakan Indonesia atas keberhasilannya mengungkap kasus ini.

"Membicarakan tentang Indonesia tapi dalam posisi yang bagus, yaitu kecepatan pemerintah Indonesia untuk membantu," kata Tito.

Ketiga, kasus ini spesial karena berhasil mempertemukan Alum dan ibunya yang terpisah sejak Juni 2017 lalu. Apalagi pertemuan tersebut terjadi di Jakarta.




Berita Lainnya

Ada Yang Berbeda Dalam Aktivitas Gunung Merapi

26/05/2018 08:09 - Indah Pratiwi
Kemukakan Pendapat


BOLA