Monday, 16 Sep 2019
Temukan Kami di :
Keuangan

3 Cara Agar Uang Gaji Tak Habis Sia Sia

Dewi Sari - 09/02/2018 08:31

Beritacenter.COM - Bagi kamu yang pekerja, tentu tidak asing lagi menunggu gajian setiap bulanya Umumnya, waktu gajian di Indonesia dilakukan tiap tanggal 25 bagi karyawan perusahaan swasta dan tanggal 1 bagi para pengawai negeri sipil (PNS).

Biasanya, sebelum gajian kamu sudah menyiapkan beberapa daftar (list) barang kebutuhan yang harus dipenuhi, dan berencana untuk membeli barang yang sedang diinginkan.

Orang yang bekerja beranggapan bahwamembelanjakan uang gajinya karena sudah lama menahan hasrat ingin belanja. “Kalau bukan sekarang, kapan lagi? Kan, sudah nunggu sebulan!” Begitu kira-kira para pekerja ini berdalih.

Mungkin penghasilan anda saat ini bisa memenuhi kebutuhan anda tetapi tidak untuk menabung hari tua anda. Berikut 3 cara agar gaji anda tidak habis sia sia.

1. Kelola Keuangan dengan Tepat

Gaji sudah habis, padahal tanggal gajian masih jauh di depan mata. Kondisi seperti ini menjadi hal yang paling sering dialami sebagian orang bergaji. Barangkali Anda adalah salah satunya. Jika terus dibiarkan, Anda akan hidup dengan siklus gaji ke gaji saja atau besar kemungkinan Anda akan memiliki sejumlah utang.

Berapa pun jumlah gaji yang Anda dapatkan setiap bulannya, gaji ini haruslah bisa memenuhi semua kebutuhan dengan baik. Bukan hanya saat ini, melainkan sebagian dari gaji ini tentu akan memiliki porsi khusus untuk berbagai kebutuhan pada masa yang akan datang.

Pastikan Anda memiliki tepat sejak awal agar setiap sen uang Anda bisa dialokasikan dengan tepat dan sesuai dengan kebutuhan. Penting untuk memiliki porsi yang tepat dan seimbang antara pemasukan dan pengeluaran setiap bulannya.

2. Biasakan Menabung dan Lakukan Investasi

Tidak memiliki sejumlah tabungan dan selalu menunda untuk menyisihkan sejumlah uang sebagai dana tabungan setiap bulannya. Mulailah menyisihkan sebagian gaji Anda sebagai dana tabungan dan investasi supaya bisa mencapai rencana dan tujuan keuangan pada masa yang akan datang.

Segera lakukan investasi dalam keuangan dan jangan lupa untuk memilih instrumen investasi yang paling tepat dan sesuai dengan kondisi keuangan.

3. Belanjakan Uang dengan Bijak

Pergaulan dan pola hidup yang tidak seimbang sering membuat Anda 'kehilangan' banyak uang tanpa alasan yang jelas. Anda membelanjakan banyak uang tanpa perhitungan di mana semua pengeluaran ini hanya bersifat konsumtif dan tidak memberikan manfaat yang maksimal dalam kehidupan Anda.

Sebagian besar karyawan muda akan menghabiskan banyak uang hanya untuk sekadar bersenang-senang semata. Cobalah untuk menata kehidupan pribadi dan pola pikir Anda tentang keuangan. Anda bisa membedakan antara Kebuttuhan dan kegunaannya.

Hal ini akan membantu Anda lebih bijak dalam membelanjakan uang dan mengelola setiap uang dengan lebih tepat. Jika dapat mengelola keuangan dengan tepat, berbagai tujuan keuangan Anda tentu dapat dicapai dengan lebih mudah.

Mulailah menata dan menjalankan keuangan dengan sehat dan seimbang supaya bisa bebas dari masalah keuangan dan mencapai berbagai tujuan keuangan Anda dengan tepat.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA