Thursday, 22 Aug 2019
Temukan Kami di :
News

Anies Baswedan Luncurkan Program "Si Dukun 3 in 1"

Program ini baru diluncurkan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan nama "Si Dukun 3 in 1" alias Sistem Integrasi Layanan Kependudukan 3 in 1.

Bunga Putri - 02/02/2018 13:41

Beritacenter.COM - Bagi anda yang baru mempunyai momongan atau bayi dapat mengikuti program pemerintah "Si Dukun 3 in 1". Program ini baru diluncurkan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan nama "Si Dukun 3 in 1" alias Sistem Integrasi Layanan Kependudukan 3 in 1.

Melalui Program ini, Bayi baru lahir dapat langsung menerima enam dokumen kependudukan tanpa dipungut biaya. Anies terinspirasi dari pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil yang berada di Amerika Serikat.

Enam dokumen itu yakni surat keterangan kelahiran dokter, nomor induk kependudukan (NIK) anak, kartu keluarga (KK) yang sudah tercantum nama dan NIK anak, akta kelahiran anak, kartu identitas anak, dan nomor identitas kepesertaan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.


"Jadi, ibu yang melahirkan bisa pulang membawa bayi bersama enam dokumen itu," kata Anies saat peresmian sistem di RSIA Budi Kemuliaan, Jakarta, Jumat (02/02/2018).

Proses mendapatkan enam dokumen itu, kata Anies, hanya dilakukan di rumah sakit tempat berlangsungnya persalinan. Orang tua cukup sekali mendatangi kelurahan untuk meminta tanda tangan lurah pada kartu keluarga.

Program tersebut merupakan program integrasi antara tiga instansi, yaitu Dinas Dukcapil, BPJS, dan rumah sakit.

Tujuannya, setiap anak yang baru lahir langsung mendapatkan akta kelahiran yang sudah memiliki NIK. NIK diintegrasikan dengan data keluarga, sehingga KK langsung bisa dicatat di rumah sakit.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA