Sunday, 27 May 2018
Temukan Kami di :
Internasional

Presiden AS Donald Trump Umumkan Permusuhan Pada 128 Negara, Termasuk Indonesia

Indah Pratiwi - 01/02/2018 18:15

Beritacenter.com - Dalam pidato kenegaraan Presiden Amerika Serikat(AS) Donald Trump umumkan dengan menyatakan 128 negara sebagai musuh AS lantaran menentang Yerusalem sebagai ibu kota Israel, termasuk Indonesia.

Kekalahan Israel dan AS pada hasil sidang DK PBB terkait keputusan Yerusalem sebagai ibu kota Israel membuat AS meradang. Lantaran pada hasil keputusan DK PBB menghasilkan 128 negara untuk menolak keputusan Presiden AS agar segera mencabut pernyataan Yerusalem sebagai ibu kota Israel.

Sebanyak 128 negara mendukung resolusi yang diajukan Mesir untuk membatalkan pengakuan AS atas Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel. Sebanyak 35 negara lainnya abstain dan tujuh negara termasuk AS dan Israel menentang resolusi.

Terkait pengumuman Presiden Trump, memicu kemarahan besar masyarakat internasional termasuk dunia Muslim dan Arab serta negara Asia maupun Eropa.

“Puluhan negara memilih di Majelis Umum PBB melawan hak kedaulatan Amerika untuk membuat pengakuan ini,” bunyi pidato Trump.

”Pembayar pajak Amerika dengan murah hati mengirim uang bantuan miliaran dolar ke negara yang sama setiap tahun. Karena itulah, malam ini, saya meminta Kongres untuk mengeluarkan undang-undang untuk membantu memastikan dolar bantuan luar negeri Amerika selalu melayani kepentingan Amerika, dan hanya tertuju ke teman-teman Amerika,” lanjut pidato Trump.”Bukan musuh Amerika,” lanjut pidato tersebut, Kamis(1/2/2018).

Departemen Luar Negeri AS telah mencantumkan negara-negara yang dianggap musuh AS. ”Saya tidak akan mengkarakterisasi kata-kata presiden,” kata Departemen Luar Negeri AS melalui seorang juru bicara kepada Al Jazeera terkait penyebutan 128 negara sebagai musuh AS, yang dilansir.



Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA