Saturday, 26 May 2018
Temukan Kami di :
News

Kawal Pilkada Serentak, Polda Jabar Antisipasi Money Politics dan Black Campaign

"Saya sudah sampaikan kita bentuk tim cyber, tim money politic dan black campaign. Jadi, begitu ada informasi, nanti babinkamtibmas dan Babinsa melapor kita akan tindak lanjuti

Aisyah Isyana - 20/01/2018 19:40

Beritacenter.COM - Kapolda Jabar Irjen Agung Maryoto menghimbau partai politik dan para calon yang maju dalam Pilkada untuk menaati ketentuan yang belaku. Hal ini dilakukan guna mengantisipasi adanya kampanye hitam (black campaign) dan politik uang (money politic) pada masa Pilkada.

Agung menjelaskan, pihaknya telah membentuk tim yang nantinya akan melakukan pemantauan dan pengawasan selama berjalannya pilkada serentak di Jabar.

"Saya sudah sampaikan kita bentuk tim cyber, tim money politic dan black campaign. Jadi, begitu ada informasi, nanti babinkamtibmas dan Babinsa melapor kita akan tindak lanjuti," terang Agung di Lapangan Gasibu, Bandung, Sabtu, 20 Januari 2018.

Menurutnya, setiap tahapan Pilkada telah diatur tata tertibnya, begitu halnya pada saat kampanye. Dalam hal ini, setiap pasangan calon (paslon) dan peserta kampanye di larang untuk memepersoalkan Pancasila dan UUD 45, menghina seseorang, agama, suku, ras dan golongan.

Selain itu, dalam kampanye, dilarang melakukan penghasutan serta mengadu domba partai politik dan masyarakat.

"Apabila ada ketentuan yang dilanggar, Polda Jabar akan mengambil sikap yakni mengusulkan pembatalan atau penundaan kepada KPU Jabar, kemudian bekerja sama dengan Bawaslu untuk membubarkan kampanye yang tidak terdaftar. Sementara untuk tindak pidananya, bersama dengan Kejati dan Bawaslu mengedepankan Sentra Gakumdu (penegakan hukum terpadu)," kata Agung.




Berita Lainnya

Ada Yang Berbeda Dalam Aktivitas Gunung Merapi

26/05/2018 08:09 - Indah Pratiwi
Kemukakan Pendapat


BOLA