Saturday, 26 May 2018
Temukan Kami di :
Kesehatan

Perlu Diketahui, Bakteri Gigi Berlubang Bisa Sebabkan Infeksi Jantung

Aisyah Isyana - 20/01/2018 06:10

Beritacenter.COM - Menjaga kesehatan mulut terutama gigi, tak hanya dapat menghindari timbulnya plak dan gigi berlubang. Masalah kesehatan pada gigi, rupanya dapat menjadi penyebak timbulnya penyakit lain, tertama jika terjadi infeksi gigi.

"Banyak orang merasa gigi sehat enggak sakit, tetapi ternyata banyak penyakitnya. Gigi berlubang itu sebernarnya merupakan suatu infeksi," ungkap Dokter Spesialis Gigi, drg. Theodorus Hedwin, Sp.PM2, Jumat 19 Januari 2018.

Hedwin menjelaskan, dalam kasus gigi berlubang dapat menjadi sumber kuman dan bakteri berkembang biak. Seluruh bagian gigi, jelasnya, ada hubungannya dengan aliran darah. Jadi, jika ada lubang di gigi, bakteri dan kuman bisa masuk ke dalam tubuh melalui aliran darah.

"Ini bisa mengganggu kesehatan, bahkan bisa menyebabkan penyakit hingga gangguan jantung," terangnya.

Prihal infeksi pada gigi yang menjadi sarang kuman dan bakteri yang dapat mengakibatkan gangguan jantung, dibenarkan Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah, dr. Rina Ariani, SpJP, yang mengatakan jika bakteri bisa masuk ke dalam pembuluh darah.

"Untuk mereka yang punya masalah kelainan jantung bawaan, bakteri yang terbawa aliran darah ini bisa menempel di jantung, bikin infeksi jantung. Tapi kalau yang jantungnya sehat, risiko infeksi jantungnya risikonya rendah," katanya.

Dijelaskan pula oleh dr Rina, pada dasarnya semua pembuluh darah, ujung-ujungnya akan balik ke jantung. "Itu seperti pipa, semua lewat ke jantung lalu, kuman yang ada di gigi akhirnya bisa merambat ke jantung."

Kalau kumannya sudah ke jantung , infeksi di jantung ini cukup berat. Bakteri atau kuman yang masuk bisa lari ke otak, bisa menyebabkan stroke, bisa juga mengganggu aliran darah di kaki, bisa juga menyebabkan nyeri di perut. "Urusannya jadi panjang dan susah."




Berita Lainnya

Inilah 3 Manfaat Bercinta Bagi Kesehatan

26/05/2018 03:24 - Fani Fadillah

Cara Aman Bagi Ibu Hamil Saat Berpuasa

24/05/2018 18:56 - Indah Pratiwi
Kemukakan Pendapat


BOLA