Wednesday, 17 Oct 2018
Temukan Kami di :
News

Warga Subang Dihebohkan Dengan Temukan Bangkai Macan Kumbang

Hiliyah Azizah - 19/01/2018 20:35

Beritacenter.com - Warga di daerah Anjasari Desa Cikujang Kecamatan Serangpanjang, Subang, Jawa Barat dihebohkan dengan temuan bangkai seekor macan kumbang atau panthera pardus melas.

Warga yang tak menduga ada bangkai binatang langka itu lantas melaporkannya ke balai konservasi sumber daya alam (BKSDA) yang kemudian langsung dibawa petugas ke Purwakarta untuk penelitian.

“Saya sendiri baru kali ini melihat dan menemukan hingga teringat kepada seorang aktivis lingkungan kalau melihat binatang langka agar segera dilaporkan,“ ujar salah seorang warga, Rahmat.

Bangkai macan itu pertama kali ditemukan oleh warga bernama Aep, saat dia hendak mengambil ternaknya tanpa disangka malah menemukan bangkai hewan liar itu.

Kemudian Rahmat yang mendapat kabar langsung menghubungi kader konservasi, Iis Rochati yang tinggal di daerah Jalancagak, Subang hingga akhirnya diteruskan ke petugas BKSDA Purwakarta.

“Betul tadi siang binatang yang keberadaannya sudah bisa dihitung itu telah dievakuasi ke BKSDA Wilayah II di Purwakarta,“ kata Iis.

Iis mengapresiasi kesadaran masyarakat terhadap kepedulian kawasan hutan lindung dan hewan langka yang dilindungi. “Sudah ditemukan mati saja tidak ada yang berani mengutak-atik kecuali setelah datang petugas yang berwenangnya,“ tambahnya.

Sementara itu, Kapolres Subang, AKBP Muhammad Joni melalui Kapolsek Sagalaherang didampingi Kasubag Humas AKP Udi Sahudi membenarkan adanya temuan hewan yang dilindungi berupa macam kumbang.

“Panjangnya mencapai 184 Cm dengan tinggi sekira 50 Cm dan berat 60 Kg. Tidak ada tanda tanda bekas penganiyaan terhadap binatang itu, kemungkinan mati karena memang sudah cukup dewasa usianya,“ ujarnya.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA