Tuesday, 20 Feb 2018
Temukan Kami di :
Software

Aplikasi Ini Dinilai Berbahaya Jika Terpasang di Smartphone

Indah Pratiwi - 19/01/2018 10:59

Beritacenter.com -Beberapa aplikasi memang menjadi sebuah kebutuhan di smartphone. Tanpa aplikasi, smartphone yang kini banyak dimiliki orang di berbagai penjuru dunia mungkin tak akan bisa dioperasikan secara maksimal dan tidak akan berguna.

Namun, para pengguna ponsel smartphone perlu mengetahui bahwa ada beberapa aplikasi berbahaya yang sering disalahgunakan oleh para penjahat siber demi tujuan pribadi mereka. Alhasil, pengguna apalagi yang masih anak-anak rentan mengalami pencurian data, Jumat(19/1).

Berikut adalah aplikasi media sosial yang sering digunakan oleh penjahat siber:

1. Ask.fm
Aplikasi ini merupakan tempat mengajukan pertanyaan yang mereka inginkan, baik sebagai diri mereka sendiri atau anonim. Namun, beberapa pengguna anonim kerap memanfaatkan aplikasi ini berbahaya ini untuk mengajukan pertanyaan yang vulgar bahkan hinaan terhadap seseorang atau kelompok. Akibatnya, aplikasi ini dinilai berbahaya bagi anak-anak.

2. Snapchat
Aplikasi ini begitu banyak pengguna yang bisa mengakses konten yang dipublikasikan dalam aplikasi tersebut, sehingga memungkinkan banyak risiko bagi pengguna. Aplikasi ini juga membuat pengguna untuk men-screenshot konten, dan bisa saja disalahgunakan oleh penjahat siber untuk melakukan tindakan kejahatan siber.

3. Instagram
Aplikasi Instagram juga dinilai merupakan aplikasi yang berbahaya lantaran foto ini memungkinkan pengguna untuk menjepret dan mempublikasikan foto kepada followers.Bukan hanya itu, informasi sensitif juga kerap dipublikasikan yang tanpa disadari pengguna, sehingga memungkinkan penjahat siber untuk menyalahgunakannya.

4. Whisper
Whisper merupakan aplikasi dimana pengguna bisa membuat pengakuan saat dirinya menjadi pengguna anonim. Aplikasi berbahaya ini menggunakan pelacak lokasi GPS untuk melacak pengguna lain sehingga sangat membahayakanpengguna lain.

5. Tinder
Aplikasi berbahaya ini juga menggunakan pelacak lokasi untuk menysuri pengguna Tinder lain yang berada di dekatnya sehingga membahayakan orang lain yang mengunakan aplikasi itu.



Berita Lainnya

Macam-macam Game Buat Anda Lebih Pinter

13/02/2018 13:23 - Anas Baidowi

WhatsApp Hadirkan Aplikasi Chat Kelas Bisnis

29/01/2018 16:16 - Indah Pratiwi
Kemukakan Pendapat