Saturday, 17 Nov 2018
Temukan Kami di :
News

Apakah Minum Susu Istri Bisa Sebabkan Mahram? Ini Penjelasannya

Hiliyah Azizah - 15/01/2018 21:30 Ilustrasi

Beritacenter.com - Istilah mahram dalam Islam merupakan golongan orang-orang yang tidak boleh menikahi dan dinikahi seseorang. Mahramnya seseorang digolongkan menjadi tiga yakni hubunga darah, persusuan dan akibat pernikahan.

Namun bagaimana jika kasusnya adalah suami yang menyusu pada istrinya? karena dikhawatirkan hal itu dapat menjadi dasar suami menjadi mahram istri, artinya tidak bisa berhubungan badan.

Lalu bagaimana pandangan ulama terkait hal ini?

Dikutip dari laman rumah fiqih Indonesia, Ustaz Ahmad Sarwat Lc, menjelaskan sebenarnya ulama sudah memberi batasan persusuan bisa menjadi sebab terjadinya mahram. Batasan tersebut yaitu ketika seorang bayi belum berusia dua tahun.

Hal ini didasarkan pada hadis riwayat Ad Daruquthni.

Dari Ibnu Abbas RA berkata, " Penyusuan itu tidak berlaku kecuali dalam usia dua tahun'.

Juga berdasarkan sabda Rasulullah Muhammad SAW yang diriwayatkan Abu Dawud.

Penyusuan itu tidak berlaku kecuali apa yang bisa menguatkan tulang menumbuhkan daging.

Juga pada hadis riwayat Tirmidzi.

Dari Ummu Salamah RA berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, " Penyusuan itu tidak menyebabkan kemahraman kecuali bila menjadi makanan dan sebelum masa penyapihan."

Tiga hadis ini menjelaskan persusuan menjadi sebab mahram jika bayi berusia hingga dua tahun. Tetapi, para ulama berbeda pendapat mengenai apakah persusuan seorang laki-laki lewat dari dua tahun pada wanita yang bukan ibunya menjadi penyebab mahram.

Ulama mazhab Maliki meyakini persusuan laki-laki pada wanita lain tidak menyebabkan dia menjadi mahramnya. Karena kedudukan air susu seorang wanita pada laki-laki tersebut hanya seperti air biasa.

Tetapi, ulama mazhab Hanafi dan Syafi'i memandang persusuan tersebut masih bisa menyebabkan terbentuknya mahram.

Baca selengkapnya disini...




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA