Sunday, 22 Apr 2018
Temukan Kami di :
News

Mantap.. Polisi ini Suka Rela Mencukur Rambut, Karena Ingin Dekat Masyarakat

Tugas kepolisian dapat dibagi dalam dua golongan, yaitu tugas represif dan tugas preventif

Bunga Putri - 12/01/2018 20:05

Beritacenter.COM - Tugas kepolisian dapat dibagi dalam dua golongan, yaitu tugas represif dan tugas preventif. Tugas represif ini adalah mirip dengan tugas kekuasaan executive, yaitu menjalankan peraturan atau perintah dari yang berkuasa apabila telah terjadi peristiwa pelanggaran hukum. Sedangkan tugas preventif dari kepolisian ialah menjaga dan mengawasi agar peraturan hukum tidak dilanggar oleh siapapun.

Selain mengemban tugas Polisi juga harus mengayomi masyarakat . dengan bermacam cara polisi melakukan pendekatan kepada masyatakat, seperti yang dilakukan seorang anggota Polri dari Kesatuan Polres Buton, Sulawesi Tenggara, Brigadir Hamzah, yang menyampaikan pesan pembinaan keamanan dan ketertiban masyarakat dengan cara memberikan cukur rambut gratis kepada siswa dan masyarakat.


“ Cukur rambut gratis ini baru berjalan selama dua bulan. Sambil mencukur, saya mengimbau warga agar tidak melakukan tindakan kejahatan,” kata Brigadir Hamzah, Jumat (12/1/2018).

Kegiatan ini bermula ketika ia bertugas sebagai Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) di Polsek Pasarwajo dan bertugas di Kelurahan Saragi.

Banyak program kerja yang dilakukannya namun tidak berhasil. Lalu ia mencoba dengan pendekatan baru, yakni menyediakan jasa cukur rambut gratis.

Hamzah kemudian membuat celemek sendiri dengan bertuliskan Bhabinkamtibmas dan mengawalinya dengan mencukur di sekolah-sekolah yang berada di Kelurahan Saragi.

“Kalau sekolah, saya selalu lakukan setiap hari Jumat. Kepala sekolah menyambut baik kegiatan ini. Kalau (mencukur rambut) masyarakat hanya di sekitar Kelurahan Saragi saja,” ujarnya.

Dengan programnya ini, ia berharap agar dapat lebih dekat dengan masyarakat di tempat tugasnya, sehingga ia lebih memudahkan untuk melakukan sosialisasi.

Sementara itu, Kepala Sekolah Dasar Negeri 1 Saragi, Alimudin, mengucapkan terima kasih kepada Brigadir Hamzah yang telah memberikan cukur gratis kepada anak didiknya.

“Saya berterima kasih kepada Bhabinkamtibmas yang telah membantu mencukur rambut anak didik saya dengan gratis. Ini sangat membantu kami dalam kerapian siswa-siswa kami,” ucap Alimudin.




Berita Lainnya

Polisi Tetapkan Bos PT CAG Jadi Buronan

20/04/2018 19:08 - Anas Baidowi
Kemukakan Pendapat