Friday, 21 Sep 2018
Temukan Kami di :
Internasional

AS Rilis Dokumen Negara Yang Berbahaya, Indonesia Ada di Level 2

Indah Pratiwi - 11/01/2018 22:11

Beritacenter.com - Sebuah dokumen dirilis oleh Amerika Serikat(AS) untuk memperingatkan warganya tentang bahaya perjalanan luar negeri. Dokumen tersebut adalah dengan membuat level-level setiap negara, di mana AS membaginya kedalam empat level.

Dikutip dari Strait Times pada Kamis (11/1), ada empat level bahaya negara tersebut sangat tidak aman dan pemerintah AS akan sangat membatasi warganya untuk memasuki negara yang berada dalam level empat tersebut.

Hal ini disampaikan oleh Michelle Bernier-Toth, pejabat konsuler di Kementerian Luar Negeri AS, pemberian level ini semata-mata hanya untuk memudahkan warga AS yang hendak bepergian keluar negeri, dan tidak ada unsur politik di dalamnya.

"Ini bukan dokumen politik, ini hanya berdasarkan penilaian kami terhadap situasi keamanan," ungkap Bernier yang dikutip Strait Times.

Untuk level empat negara-negara sangat berbahaya bagi warga AS adalah Suriah, Afghanistan, Republik Afrika Tengah, Iran, Irak, Libya, Mali, Somalia, Sudan Selatan, Yaman, dan Korea Utara (Korut).

Selain itu, untuk Level ketiga adalah negara tersebut memiliki tingkat ancaman yang cukup tinggi, dan warga AS yang hendak bepergian ke negara-negara di level ini diminta untuk selalu meningkatkan kewaspadaan mereka. Rusia masuk dalam level ini.

Untuk berikutnya, level kedua berarti negara tersebut cukup aman, namun warga AS yang berada, atau hendak ke negara tersebut diminta untuk tetap waspada. Negara-negara tersebut diantaranya Indonesia, Filipina, Belgia, dan Meksiko masuk ke dalam level ini yang dimasukan oleh pemerintah AS.

Sedangkan level satu menunjukan bahwa negara itu aman, dengan tingkat ancaman yang sangat rendah. Negara yang masuk dalam level ini antara lain Singapura, Australia, Selandia Baru, dan Korea Selatan.

 



Berita Lainnya

Inggris dan Irlandia Diterjang Badai Ali

20/09/2018 15:44 - Lukman Salasi

Taiwan Tawarkan Jatah Kuota Haji Pada Indonesia

19/09/2018 18:06 - Indah Pratiwi
Kemukakan Pendapat


BOLA