Sunday, 27 May 2018
Temukan Kami di :
Gadget

Jaksa Paris Periksa Apple Terkait Kasus Baterai iPhone

Anas Baidowi - 11/01/2018 13:53

Beritacenter.COM - Jaksa penuntut Paris, Prancis, mulai melakukan pemeriksaan terkait kasus baterai iPhone. Apple dituduh melakukan "keusangan terencana" di sebagian model iPhone mereka.

Dilansir dari AFP, penyelidikan dibuka pada Jumat lalu dan dipimpin oleh spesialis antimonopoli dan perlindungan konsumen di Kementerian Perekonomian Prancis. Namun, Apple belum merespon permintaan untuk memberikan komentar mengenai pemeriksaan tersebut.

Kasus itu muncul menyusul pengaduan dari asosiasi Stop Planned Obsolescence (HOP atau Halte a l'Obsolescence Programmee) setelah Apple mengakui bahwa mereka sengaja memperlambat kerja mesin di iPhone model lama.

Keusangan terencana merupakan praktik komersial yang banyak dikritik, ketika produsen membuat masa kedaluwarsa produk mereka sehingga konsumen terpaksa harus menggantinya.

Grup konsumen mengecam tindakan tersebut sebagai tindakan tidak etis dan diduga sangat lazim di industri elektronik, yang memproduksi setumpuk limbah yang tidak dapat didaur ulang setiap tahun.

Untuk mengatasi masalah itu, Prancis mengesahkan undang-undang pada 2015 yang dikenal sebagai “hukum Hamon”. Praktik seperti itu dianggap ilegal – secara teori – dan retailer wajib untuk mengatakan apakah suku cadang penggantinya tersedia.

Undang-undang itu, diberi nama seperti mantan menteri Sosialis Benoit Hamon, menyatakan bahwa sebuah perusahaan yang terbukti sengaja memperpendek masa hidup produknya dapat didenda hingga lima persen dari penjualan tahunan, sementara eksekutif dapat dipenjarakan hingga dua tahun.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA