Friday, 26 Apr 2019
Temukan Kami di :
Hardware

Para Ilmuan Akan Segera Ciptakan Replika Sperma

Anas Baidowi - 03/01/2018 12:08

Beritacenter.COM - Kerja keras para ilmuwan menjelajahi tubuh manusia membuat sperma mencapai kemajuan. Bukan tidak mungkin, usaha kerasnya, suatu saat nanti ilmuan bisa menciptakan sperma buatan dan sel telur untuk perawatan infertilitas.

Dilansir Engadget, Selasa (02/1), para peneliti dari Gurdon Institute di Universitas Cambridge, adalah tim yang pertama kali mencapai titik tengah antara tonggak penting dalam riset disekitar sel induk dan sperma yang belum matang.

Tahapan ini, yang tim coba lacak dan pahami, melibatkan sel embrio yang berubah menjadi sperma yang belum matang melalui serangkaian langkah kompleks yang dikenal sebagai meiosis.

Kini, dengan menggunakan teknologi baru berupa miniatur testis buatan (disebut "organoid gonad"), ilmu pengetahuan mendapatkan wawasan baru dan mendalam tentang proses pembuatan sperma.

Penemuan itu bisa memberi petunjuk penting penyebab infertilitas, dan berpotensi menawarkan harapan baru bagi pasangan yang tidak subur. Tapi sementara aplikasi praktis dari penelitian ini telah ditunjukkan pada tikus, manfaat bagi manusia belum terbukti.

"Sebagian besar ambisi untuk menciptakan kembali proses reproduksi di laboratorium adalah untuk memajukan pemahaman kita tentang proses ini. Mengherankan betapa sedikitnya yang kita pahami tentang dinamika mendasar dari awal kehidupan." kata Helen O'Neill, Direktur UCL ilmu reproduksi dan kesehatan perempuan kepada The Guardian.




Berita Lainnya

Ini Alasan Go-Jek Ganti Nama di Dua Negara

06/07/2018 17:44 - Anas Baidowi

Bali Bakal Nikmati Internet Gratis

12/01/2018 20:44 - Anas Baidowi
Kemukakan Pendapat


BOLA