Wednesday, 28 Jul 2021
Temukan Kami di :
News

Gempa Berkekuatan 4,9 SR Guncang Mukomuko Bengkulu

Aisyah Isyana - 30/12/2017 13:45

Beritacenter.COM - Kawasan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, diguncang gempa tektonik 4,9 skala richter (SR). Gempa yang mengguncang kawasan itu terjadi sekira pukul 02.14 WIB, pada Sabtu, 30 Desember 2017.

Gempa yang cukup kuat dirasakan itu berada di laut pada koordinat 2,9 Lintang Selatan (LS) dan 100,87 Bujur Timur (BT) serta 68 kilometer (km) Barat Daya Kabupaten Mukomuko dengan kedalaman hiposenter 56 km.

Bencana gempa ini juga dirasakan masyarakat di dua provinsi, yakni Kabupaten Mukomuko, Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu; lalu Kota Padang, Sumatera Barat dan Painan, Sumatera Barat, berkisar II Skala Intensitas Gempabumi BMKG (SIG-BMKG) atau sekitar III Skala MMI.

"Hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan sebagai akibat dampak gempabumi," kata Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Kepahiang Bengkulu, Litman, Sabtu, 30 Desember 2017.

Litman mejelaskan, gempa yang terjadi barat daya Mukomuko ini merupakan jenis gempa bumi tektonik hiposenter dangkal. Berdasarkan catatan BMKG Padang Panjang, wilayah Mukomuko pada Jumat 2 Juni 2016 mengalami gempa bumi kuat dengan magnitudo 6,5 SR.

"Guncangan gempa bumi ini dirasakan kuat di beberapa daerah seperti Painan, Mukomuko, Padang, hingga Kota Pekanbaru-Riau," jelasnya.

Hingga pukul 03.01 WIB, ungkap dia, terjadi satu aktivitas gempa bumi susulan, tepatnya sekira pukul 02.35 WIB dengan magnitudo 3,5 SR.

"Masyarakat diimbau agar tetap tenang dan terus mengikuti arahan BPBD dan BMKG. Khusus masyarakat di daerah Pesisir Selatan dan Mukomuko diimbau tidak terpancing isu karena gempa bumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami," tegasnya.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA