Monday, 14 Jun 2021
Temukan Kami di :
News

Polisi Bongkar Praktik BBM Oplosan Pertalite di Indramayu

Aisyah Isyana - 26/12/2017 14:40

Beitacenter.COM - Praktik oplosan bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite, berhasil dibongkar polisi di Indramayu, Jawa Barat. Dari pengungkapan itu, polisi menyita ribuan liter bahan baku pembuatan BBM oplosan.

Pelaku berinisial MN (34) diamankan polisi dikawasan Blok Bugel RT 14 RW 06 Desa Leuwigede, Kecamatan Widasari, Kabupaten Indramayu. "Kami ungkap pertengangan bulan ini," kata Kapolda Jabar Irjen Agung Budi Maryoto, Selasa, 26 Desember 2017.

Agung menjelaskan, dalam menjalankan aksinya, pelaku menyiapkan bahan baku Konsendat yang dicampur dengan Bleaching (bahan kimia). Kemudian campuran bahan baku itu diendapkan selama 5 jam.

Setelah itu, jelas Agung, cairan bening hasil endapan campuran Konsendat dan Bleaching tersebut dipisahkan untuk dioplos dengan BBM jenis Pertalite. Biasanya 10 persen dari penjualan BBM Pertalite merupakan campuran dari Konsendat dan Bleaching.

"Misalnya ada konsumen yang pesan 20 liter Pertalite, pelaku lalu membelinya di SPBU dan dicampur dengan BBM Konsendat sebanyak 2 liter," ungkap dia.

 




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA