Friday, 20 Jul 2018
Temukan Kami di :
Internasional

Uni Eropa Yakinkan Pada Dunia Sikapnya Tak Berubah Untuk Yerusalem

Indah Pratiwi - 16/12/2017 07:03

Beritacenter.com - Sikap pendirian Uni Eropa (UE) tidak berubah terhadap konflik Israel-Palestina, yang mendukung Yerusalem sebagai ibu kota negara Palestina sesuai keputusan para pemimpin UE, Sabtu(16/12).

"Para pemimpin Uni Eropa mengulangi komitmen kuat terhadap solusi dua negara dan, dalam konteks ini, posisi Uni Eropa di Yerusalem tetap tidak berubah," kata Donald Tusk dalam akun twitternya, sementara KTT para pemimpin Uni Eropa berlanjut di Brussels seperti disitir dari Middle East Monitor, Jumat (15/12/2017).

Baca Juga: Melihat Lebih Dekat Kebengisan Pasukan Zionis Israel Terhadap Para Pejuang Palestina

Sebelumnya, Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump telah mengumumkan keputusannya untuk mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel. Dia pun mendesak melalui Departemen Luar Negeri untuk memindahkan kedutaan AS dari Tel Aviv ke kota suci Islam dan Nasrani tersebut.

Akibat keputusan Presiden AS Donald Trump mengakibatkan di Yerusalem memicu demonstrasi penuh dengan kemarahan di wilayah Palestina yang diduduki dan di beberapa negara Muslim.

Baca Juga: Kependudukan Zionis Israel di Yerusalem Memicu Kerusuhan Hebat

Selain itu, dalam sebuah pertemuan luar biasa Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) dihelat di Istanbul, Turki menghasilkan ketegasan bahwa Yerusalem Timur adalah ibu kota Palestina. Pertemuan itu pun mendeklarasikan Yerusalem Timur sebagai Ibu Kota Palestina sebagai tanggapan atas keputusan Presiden AS Donald Trump.

Orang-orang Palestina berharap bahwa Yerusalem Timur yang sekarang diduduki oleh Israel pada akhirnya dapat berfungsi sebagai ibukota negara Palestina kembali seluruhnya.

Baca Juga: Demo Yerusalem, Ratusan Warga Palestina Ditahan Tentara Israel

 



Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA