Friday, 20 Jul 2018
Temukan Kami di :
Kesehatan

Rumahmu Kotor dan Berantakan ?, Ini 6 Bahaya Kesehatan yang Mengintainya

Dewi Sari - 16/12/2017 07:00

Beritacenter.COM - Apakah anda termasuk orang yang malas membersihkan rumah ? atau kamu sebalikknya orang yang tak bisa melihat rumah dalam keadaan kacau dan kotor.

Terbukti, penelitianmengatakan bahwa rumah yang kotor dapat berdampak buruk bagi kesehatan anda. Diantaranya kamu dapat merasakan stress,mudah lelah, atau mudah jengkel jika kamu hidup dalam rumah yang berantakan.

Seperti yang dilansir dari thehealthsite.com, ini penjelasan dampa buruk kotorny rumah bagi kesehatanmu.

1. Membuat bingung

Lingkungan tempat tinggalmu bisa mempengaruhi kondisi mentalmu. Begitu pula dengan rumah yang kotor berantakan. Rumah berantakan bisa membuatmu merasa bingung. Kamu tidak bisa menemukan barang yang kamu cari dan hal ini bisa mempengaruhi cara berpikirmu pula. Kamu akan jadi mudah bingung.

2. Penyebab stres

Apa yang akan terjadi pada saat kamu bingung? Kamu bisa mengalami stres. Dan tentu saja stres yang muncul akan menyebabkan berbagai macam kekacauan yang bisa membuatmu tambah stres.

3. Menyababkan Kecelakaan

Rumah yang kotor berantakan juga bisa membuat mendapatkan kecelakaan ringan di rumahmu sendiri. Kamu akan jadi mudah tersandung atau terjatuh akibat benda-benda kotor berserakan di sekitarmu.

4. Membuat komunikasi jadi sulit

Sebuah penelitian yang dilakukan di Cornell University tahun 2016 menunjukkan bahwa mereka yang tinggal di lingkungan yang berantakan akan memiliki kesulitan dalam berkomunikasi. Sebab lingkungan yang berantakan akan membuat pikiran mereka teracak sehingga mereka kesulitan untuk mengungkapkan emosi dan perasaan mereka terhadap orang-orang di sekitar.

Ternyata, rumah yang kotor dan berantakan bisa menurunkan kesehatan tubuh secara perlahan ya. Oleh karena itu mulai saat ini, segera buang sampah di rumah, rapikan barang-barang yang berantakan, dan tata ulang rumahmu dengan indah serta nyaman.

5. Menurunkan kesehatan mental

Penelitian di tahun 2017 menunjukkan bahwa orang cenderung akan makan secara berlebihan atau menjadi emotional eater ketika mereka tinggal di lingkungan yang berantakan. Sebabnya, aktivitas makan dipandang sebagai hal yang efektif untuk mengobati stress.

6. Membuatmu jadi emotional eater

Penelitian di tahun 2017 menunjukkan bahwa orang cenderung akan makan secara berlebihan atau menjadi emotional eater ketika mereka tinggal di lingkungan yang berantakan. Sebabnya, aktivitas makan dipandang sebagai hal yang efektif untuk mengobati stress.



Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA