Friday, 20 Jul 2018
Temukan Kami di :
Ekonomi

Begini Alasan Pemerintah Harus Pindahkan Ibu Kota

Indah Pratiwi - 15/12/2017 13:23

Beritacenter.com - Rencana pemerintah untuk memindahkan Ibu Kota DKI Jakarta dengan tujuan ingin mendapatkan sumber pertumbuhan ekonomi baru di Indonesia yang selama ini terpusat di Pulau Jawa, khususnya Jakarta.

Menurut Kepala Bappenas Bambang P.S. Brodjonegoro mengatakan ini sebenarnya Jakarta tidak memiliki persoalan jika tidak menjadi Ibu Kota lagi, karena terus tumbuh dari sisi penduduk dan perekonomian.

"Jakarta itu bukan masalah. Jakarta tetap berfungsi sebagai pusat bisnis, dia akan tetap menjadi besar penduduknya, makin besar GDP-nya, makin besar per kapitanya, juga makin besar dengan infrastruktur yang dibutuhkan," ujarnya di Jakarta, Jumat (15/12/2017).

Bambang melanjutkan, pemerintah ingin mencari pertumbuhan ekonomi yang baru di luar Jakarta atau Pulau Jawa secara keseluruhan.

"Ini kita ingin mulai menciptakan salah satu alternatif sumber pertumbuhan baru terutama di luar Jawa tadi dan salah satu yang bisa mendorong sumber pertumbuhan," tutur Bambang.

Menurutnya, sebuah Ibu Kota akan menjadi pusat pemerintahan suatu negara yang tetap dikelilingi berbagai fasilitas perekonomian.

"Seperti pengalaman beberapa negara adalah pusat pemerintahan tapi tentunya kota yang didesain nantinya tidak hanya pusat pemerintahan tapi dia juga akan didukung fasilitas ekonomi pendukungnya. Jadi, dia tidak hanya bergantung pada pemerintahan," jelasnya.



Berita Lainnya

Kiat Bank Mandiri untuk Memperoleh Valas yang Lebih Tinggi

20/07/2018 14:59 - Sari Intan Putri Fatimah

Program Baru BI agar Investor Kian Mendekat

19/07/2018 19:39 - Sari Intan Putri Fatimah

Tren Yang Mempengaruhi Perekonomian Dunia

17/07/2018 15:56 - Sari Intan Putri Fatimah
Kemukakan Pendapat


BOLA