Friday, 20 Jul 2018
Temukan Kami di :
Kriminal

Polisi Bekuk Pengedar Uang Palsu di Megamendung

Anas Baidowi - 15/12/2017 11:39 Ilustrasi

Beritacenter.COM - Jajaran Polsek Megemendung mengamankan seorang pengedar uang palsu berisinial YR (40), saat hendak belanja di menimarket di Kawasan Cipayung, Megamendung, Bogor, Jawa Barat. Dari tangan tersangka, petugas menyita Rp 3 juta uang palsu pecahan Rp100.000.

Kapolsek Megamendung, Ajun Komisaris Aulia Djabar menuturkan, pelaku diamankan pada Kamis (14/12) kemarin sekitar pukul 11.30 WIB setelah transaksi menggunakan uang palsu di beberapa mini market. Modus pelaku yakni membelanjakan uang palsu agar mendapatkan kembalian uang asli dari transaksi.

“Salah satu karyawan mini market curiga dengan bentuk fisik uang yang dibelanjakan YR. Setelah melapor ke kepolisian, pelaku dapat ditangkap,” kata Aulia, Jumat (15/12).

Hasil pemeriksaan, pelaku mengaku sengaja membelanjakan uang palsu tersebut untuk membeli rokok. Pelaku pengedar uang palsu tersebut mengaku mendapat dari temannya di Pekalongan, Jawa Tengah dan saat ini polisi masih menyelidiki kasus tersebut.

“Ia mengaku mendapatkan dari Pekalongan. YR ini membeli Rp 3 juta uang palsu seharga Rp 1 juta. Kami masih mengembangkan jaringan para pelaku lainnya,” kata kapolsek.

Secara kasat mata bentuk fisik uang palsu pecahan Rp 100.000 tersebut serupa dengan asli. Hanya saja, pada bentuk nominal uang, tulisan angka tidak timbul seperti asli. Juga hologram tidak terdeteksi menggunakan blue lamp.

“Pelaku sengaja memanfaatkan kawasan Puncak sebagai pusat kuliner untuk bertransaksi. Untuk itu, kami imbau pada masyarakat untuk selalu tetap teliti saat transaksi jual-beli, sesuai anjuran Bank Indonesia,” tambah Aulia.

Pelaku dijerat Pasal 244 KUHP subsider 245 KUHP tentang uang palsu dengan ancaman hukuman 15 tahun penjara.



Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA