Friday, 20 Jul 2018
Temukan Kami di :
Teknologi

Lampu Jalan Terancam Punah Dimasa Depan Diganti Pohon-pohon Menyala

Anas Baidowi - 15/12/2017 10:49

Beritacenter.COM - Jalanan di masa depan tidak lagi diterangi lampu-lampu jalan seperti saat ini, penerangan nantinya dengan menggunakan penerangan pohon-pohon yang dapat menyala dalam gelap.

Hadirnya pohon tersebut, berkat terobosan baru dalam menciptakan tanaman yang dapat bersinar. Para pakar menyuntikkan partikel nano khusus ke dalam daun tanaman selada air itu sehinggaa daun menyala selama hampir empat jam.

Dari hasil reaksi bahan kimia itu, cukup untuk menerangi seseorang yang sedang membaca buku. Bahkan, kabarnya, bahan kimia itu juga yang digunakan kunang-kunang untuk menciptakan cahaya unik mereka.

Untuk menciptakan tanaman yang dapat bersinar, para pakar dari Massachusetts Institute of Technology (MIT) menggunakan enzim yang disebut luciferase. Enzim ini beraksi di molekul yang disebut luciferin sehingga memancarkan cahaya.

Molekul lain disebut Co-enzyme A membantu proses itu dengan memindahkan reaksi yang dapat mengganggu aktivitas luciferase. Tim MIT kemudian menggabungkan komponen itu ke jenis berbeda pengangkut partikel nano.

Partikel-partikel nano itu membantu mereka menuju bagian yang tepat di tanaman dan mencegah pembentukan senyawa yang bisa meracuni tanaman. Hasilnya menakjubkan, tanaman selada air itu dapat berfungsi sebagai lampu meja.

Para peneliti yakin dengan kemajuan teknologi, maka di masa depan tanaman akan digunakan untuk menerangi tempat kerja atau bahkan sepanjang jalan, termasuk untuk pencahayaan di dalam ruangan.

Profesor teknik kimia MIT Michael Strano menjelaskan, visi itu membuat tanaman berfungsi sebagai meja lampu. “Lampu yang Anda tak perlu menggunakan listrik. Lampu yang ditenagai oleh metabolisme dalam tanaman itu sendiri,” paparnya, dikutip Daily Mail.

“Penemuan kami sangat serius membuka pintu untuk penerangan jalan dengan pohon dan pencahayaan sekitar rumah,” katanya.

Luciferase merupakan jenis enzim oksidatif yang ditemukan pada beberapa spesies yang membuat mereka dapat mengeluarkan cahaya.



Berita Lainnya

Robot Kecoa Mempermudah Kerja Para Insinyur Segera Dirilis

19/07/2018 17:04 - Sari Intan Putri Fatimah

Google Terancam Denda Rp72 Triliun

19/07/2018 14:20 - Indah Pratiwi
Kemukakan Pendapat


BOLA