Saturday, 26 May 2018
Temukan Kami di :
News

Sah! Paripurna DPR Setujui Penunjukan Marsekal Hadi Jadi Panglima TNI

Apakah laporan pimpinan komisi I mengenai hasil uji kelayakan dan kepatutan calon panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dapat disetujui?

Aisyah Isyana - 07/12/2017 18:15

Beritacenter.COM - Paripurna DPR telah menyetujui penunjukan Marsekal Hadi Tjahjanto untuk menjadi Panglima TNI pengganti Jenderal Gatot Nurmantyo. Dengan begitu, DPR akan mengirimkan surat ke Presiden Joko Widodo untuk merekomendasi pelantikannya.

Dalam sidang Paripurna ke-13 Masa Persidangan II Tahun Sidang 2017-2018 yang digelar pada Kamis, 7 Desember 2017, di Jakarta itu, semua anggota DPR menyatakan setuju terhadap penunjukan Hadi Tjahjanto sebagai Panglima TNI.

Rapat paripurna sendiri dihadiri oleh 296 anggota DPR berdasarkan absensi. Semua anggota DPR menyatakan setuju saat Wakil Ketua DPR Fadli Zon menanyakan apakah laporan Komisi I DPR tentang hasil uji kelayakan calon Panglima TNI dapat disetujui.

"Apakah laporan pimpinan komisi I mengenai hasil uji kelayakan dan kepatutan calon panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dapat disetujui," tanya Fadli Zon di ruang rapat paripurna DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

"Setuju," kata para anggota DPR yang hadir. Fadli Zon pun kemudian mengetuk palu.

(Baca Juga : Siang Ini, TNI Polri Terlihat Kompak dan Akrab saat Hadiri Momen Uji Kepatutan Calon Panglima TNI)

Sebagaimana dilansir Antara, Ketua Komisi I DPR Abdul Kharis Almasyari saat membacakan laporan mengenai uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test menyatakan, Komisi I DPR sebelumnya telah mendapatkan penugasan untuk membahas pemberian persetujuan terhadap pemberhentian dan pengangkatan Panglima TNI berdasarkan Rapat Konsultasi Pengganti Rapat Bamus DPR pada 4 Desember 2017.

Abdul Kharis menjelaskan, dalam rapat intern Komisi I DPR RI pada 5 Desember 2017 memutuskan untuk melaksanakan pemberian persetujuan terhadap pemberhentian dan pengangkatan Panglima TNI pada 6 Desember 2017.

"Keputusan diambil Komisi I DPR secara musyawarah mufakat," kata Abdul Kharis, yang juga mengucapkan terima kasih kepada Jenderal Gatot Nurmantyo yang telah melaksanakan tugas dengan baik sebagai Panglima TNI.

"Memberikan persetujuan terhadap pengangkatan calon Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto SIP sebagai Panglima TNI," ujar Abdul dalam laporannya di ruang rapat paripurna DPR.

(Baca Juga : Marsekal Hadi Tjahjanto Disetujui Jadi Panglima TNI, Kapolri Optimis Hubungan Polri-TNI Semakin Baik)



Berita Lainnya

Ada Yang Berbeda Dalam Aktivitas Gunung Merapi

26/05/2018 08:09 - Indah Pratiwi
Kemukakan Pendapat


BOLA