Friday, 10 Jul 2020
Temukan Kami di :
Internasional

Kisah Tragis Pelarian Etnis Muslim Uighur Diusir Dari Negaranya

Indah Pratiwi - 20/11/2017 23:24

Beritacenter.com - Sebanyak ratusan orang masyarakat muslim Uighur yang melarikan diri dari Provinsi Xinjiang, China pergi ke Thailand justru ditangkap oleh aparat pemerintah setempat.

Berdasarkan laporan BBC, kejadian itu bermula ketika aparat Thailand setempat menyatakan orang-orang Uighur berhasil melarikan diri dengan menggali terowongan hingga menembus dinding sel dengan menggunakan pecahan keramik.

"Kami masih mencari 20 orang lagi. Suara mereka tersamarkan karena hujan lebat," kata aparat setempat yang enggan ditulis namanya, Senin(20/11/2017).

Perlu diketahui Etnis Uighur merupakan orang-orang pemeluk agama Islam yang tinggal di kawasan Turkestan Timur yang diduduki oleh China pada tahun 1949 dan sejak itu melakukan transmigrasi etnis Han secara besar-besaran lantaran masyarakat Etnis Uighur mengalami penindasan dan kekerasan oleh pemerintah Tiongkok.

Sempat terjadi keributan di dunia internasional lantaran Thailand sempat memulangkan seratus orang Uighur ke China namun ditentang oleh komunitas muslim internasional dan HAM sehingga terjadi insiden ledakan bom di Kuil Erawan di Bangkok sebagai reaksi atas kebijakan pemulangan Uighur kembali ke Tiongkok.

 



Berita Lainnya

Pemerintah Prancis Terancam Bubar

03/07/2020 17:48 - Indah Pratiwi

India Ngamuk Ancam China Dengan Rudal

30/06/2020 17:04 - Indah Pratiwi
Kemukakan Pendapat


BOLA