Wednesday, 13 Nov 2019
Temukan Kami di :
Opini

Dibalik Rahasia Khasiat dan Manfaat Surat Ayat Kursi

Indah Pratiwi - 31/10/2017 19:23

Beritacenter.com - Surat ayat Kursi mengkisahkan akan keagungan Allah SWT tentang segala kekuasaanNya. Ayat Kursi merupakan ayat ke 255 yang berada di dalam surat Al Baqarah yang dibaca serta diyakini untuk memperoleh perlindunganNya dari Sang Maha Hebat Allah SWT.

Menurut Syaikh Umar Sulaiman Al Asyqar pernah menuliskan di dalam kitab tafsir Zubdat At Tafsir yang merupakan rangkumaan dari kitab tafsir Imam Asy Syaukani bahwa yang paling baik digunakan untuk melawan jin yang masuk ke dalam tubuh manusia adalah dzikrullah(ingat kepada Allah) dan bacaan Al Qur'an. Dan yang paling besar dari itu ialah bacaan ayat Kursi, karena sesungguhnya orang yang membacanya saat ingin tidur, maka akan selalu dilindungi oleh penjaga dari Allah dan ia tidak akan didekati oleh setan sampai Shubuh(pagi), Selasa(31/10).

Baca Juga: Rahasia Dibalik Dahsyatnya Khasiat Keutamaan Surat Al Fatihah

Perlu diketahui, surat ayat kursi diturunkan pada suatu malam setelah Hijrah. Menurut riwayat, ketika surat ayat Kursi diturunkan itu diiringi beribu-ribu malaikat karena kebesaran dan kemuliannya. Dunia setan dan iblis menjadi gempar karena ada sesuatu yang menjadi perintang misinya. Menurut Bin Al Hanafiya, setelah diturunkannya semua berhala di dunia berjatuhan, semua malaikat bersujud, syaitan berlarian saling bertabrakan karena kebingungan dan takut kepanasan.

Baca Juga: Ingin Segala Kebutuhan Tercukupi? Amalkan Ini...

Berikut adalah Khasiat dan manfaat utama dari surat Ayat Kursi:
1. Sesiapa membacanya ayat Kursi dengan khusyuk usai shalat fardhu setiap pagi dan petang, keluar masuk rumah dan hendak berpergian, insya Allah akan terpelihara dari godaan syaitan, kejahatan manusia, binatang buas yang akan memudaratkan dirinya.

2. Menurut kitab Asraarul Mufidah, sesiapa mengamalkan membacanya setiap hari sebanyak 18 kali maka akan dibukakan dadanya dengan berbagai hikmah, dimurahkan rezekinya, dinaikan derajatnya dan terpelihara dari segala bencana dengan seizin Allah SWT.

3. Menurut Syeikh Abu Abbas menerangkan siapa yang membacanya 50 kali lalu ditiupkan pada air hujan kemudian diminummnya, Insya Allah akan mencerdaskan fikirannya serta dimudahkan untuk menerima ilmu pengetahuan.

4. Menurut Hadits, Rasulullah SAW bersabda: "Siapa pulang ke rumahnya serta membaca ayat kursi, Allah hilangkan segala kefakiran di depan matanya."

5. Menurut Hadits, Rasulullah SAW: "Umatku yang membaca ayat Kursi 12 kali pada pagi Jum'at kemudian berwudhu dan sembahyang sunah dua rakaat, Allah memeliharanya daripada kejahatan syaitan dan kejahatan pembesar."

Baca Juga: Ingin Menjadi Orang Kaya Dan Terhindar Dari Siksa Kubur? Amalkan Ini...

6. Bagi pengamal ayat Kursi, dengan izin Allah akan terhindar daripada pencerobohan pencuri. Ayat Kursi menjadi benteng yang kuat sebagai penyekat pencuri memasuki rumah.

7. Membaca ayat Kursi akan diberikan keselamatan dalam perjalanan.

8. Bagi siapa yang mengamalkan membaca 5 ayat pada permulaan suratul Baqarah dan ayat Kursi, ditambah 2 ayat setelah ayat kursi kemudian ditutup dengan 3 ayat pada akhir suratul Baqarah, maka Insya Allah keluarganya tidak didekati syaitan dan apabila dibacakan pada orang gila, niscaya akan sembuh dengan izin Allah SWT.

9. Barang siapa yang membaca ayat Kursi sebelum keluar rumah, Allah SWT akan mengutus 70 ribu malaikat kepadanya dan semua memohon ampunan dan mendoakan baginya.

10. Rasulullah SAW bersabda pada Ali bin Abi Thalib:
"Jangan pernah kamu tinggalkan membaca ayatul Kursi, sebab dalam setiap huruf terdapat 1000 barokah serta 100 rahmat."

Baca Juga: Ingin Agar Terhindar Azab Siksa Kubur? Coba Amalkan Ini...

 

Wallahu A'lam Bishawab



Berita Lainnya

Jokowi Sang Maestro, Individu yang Mature

11/11/2019 22:37 - Indah Pratiwi Budi

Sinetron Murahan Antara Tempo dan Anies Baswedan

11/11/2019 20:30 - Indah Pratiwi Budi
Kemukakan Pendapat


BOLA