Monday, 18 Jun 2018
Temukan Kami di :
Kriminal

Polisi Tangkap Mantan Rutan dan Sipir Kedapatan Pungutan Liar

Indah Pratiwi - 13/09/2017 08:20 Ilustrasi

Beritacenter.com - Mantan Kepala Rutan Kelas IIB Sialang Bungkuk, Pekanbaru ditahan lantaran kedapatan melakukan pungutan liar(pungli) yang menjerat bersama sipirnya TR dan MK.

Ketiga tersangka terlibat pungli langsung diamankan oleh penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus(Ditreskrimsus) Polda Riau yang langsung menyerahkan ke Kejaksaan Tinggi untuk memproses pengadilan.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Seksi penuntutan Pidsus Kejati Riau, Lexy Fhatarany yang mengatakan bahwa dalam berkas dari kepolisian mereka menyalahgunakan jabatan dan menyalahi tugas sebagai tugas pengaman rutan kelas IIB. Mereka tertangkap tangan melakukan pungutan liar untuk melakukan pemindahan tahanan ke sel lain.

"Untuk pastinya mereka akan tetap berada di Rutan Sialang Bungkuk. Memang tadi ada permohonan pemindahan Rutan, tapi itu biar internal Rutan yang menyelesaikan," kata Lexy, Rabu(13/9/2017).

Ketiga tersangka menurut Lexy, mereka akan dijerat dengan pasal Pasal 12 e juncto pasal 12 a dan pasal 11 Undang-undang (UU) Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dan ditambah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

"Khusus untuk TR ada TPPU (Tindak Pidana Pencucian Uang) karena ada barang bukti mobil. Dana yang diperoleh dari Pungli dibelikan mobil dan angsuran," kata Lexy.

Berdasarkan bukti yang dimiliki Polisi, beberapa pelaku kedapatan bukti sehingga dana tersebut digunakan untuk membelikan mobil dengan cara angsuran.

"Khusus untuk TR ada TPPU (Tindak Pidana Pencucian Uang) karena ada barang bukti mobil. Dana yang diperoleh dari Pungli dibelikan mobil dan angsuran," kata Lexy.



Berita Lainnya

Densus 88 Ringkus Seorang Dokter di Blitar

14/06/2018 03:11 - Anas Baidowi
Kemukakan Pendapat


BOLA