Thursday, 13 Dec 2018
Temukan Kami di :
News

Soal Pelaporan Novel, Dirdik KPK: Ini masalah personal

Bagaimana mau di mediasi, mereka menyudutkan, ada penyusup, tukang pembocor. Nah sementara di luar seperti apa

Sari Intan - 08/09/2017 20:23

Beritacenter.com - Sebuah kepastian diberikan oleh Direktur Penyidikan (Dirdik) Komisi Pemberantasan Korupsi Brigjen Aris Budiman bahwa dirinya akan benar-benar membawa kasus pencemaran nama baik yang dilakukan Novel Baswedan ke jalur hukum.

Novel dilaporkan atas tuduhan pencemaran nama baik melalui e-mail. Kini kasus ini juga telah dinaikkan menjadi penyidikan.

"Ya saya memilih jalur itu. Saya sudah tahu. Saya harus selesaikan. Saya yang tahu potensi orang seperti apa," kata Aris, Jumat (8/9/2017).

Aris juga menegaskan bahwa masalah dirinya dengan Novel adalah murni masalah pribadi dan tak ada campur tangan dari pihak lain.

"Ini kan personal. Kalau menurut saya, semuanya serahkan ke negara mengenai aturan hukumnya, karena disini hak kehormatan saya dilanggar sebagai Warga Negara Indoensia (WNI). Tentunya harus ditindaklanjuti dengan proses penegakkan hukum," jelasnya.

Pihak KPK sendiri memang sudah berupaya untuk melakukan mediasi dengan Aris, namun langkah tersebut buntu lantaran ada pihak yang menolak hasil proses pemeriksaan internal. Bahkan ada yang menuding Aris dan penyidik yang berasal dari kepolisian sebagai penyusup dan pembocor dokumen KPK.

"Bagaimana mau di mediasi, mereka menyudutkan, ada penyusup, tukang pembocor. Nah sementara di luar seperti apa," jelas Aris.

Ari menjelaskan, agar tak ada lagi kegaduhan di publik, pegawai KPK harus memiliki sikap profesional dalam bekerja. Sebagai seorang penyidik, Novel seharusnya menyelesaikan tugasnya sebagai penyidik. Demikian juga dengan Aris yang menjalankan tugasnya sebagai Direktur Penyidikan.

"Harusnya kita bersikap profesional, status saya apa. Kalau saya Direktur, ya saya 'men-direct', saya yang mengerjakan itu. Kalau penyidik, KUHAP menyatakan orang, yang mencari bukti dan sebagainya. Mencari bukti, bukan menjadi pekerjaan saya, kan seperti itu. Carilah bukti, boleh memberikan saran kepada saya, tentunya," katanya.



Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA