Monday, 18 Jun 2018
Temukan Kami di :
Software

Dirgantara Indonesia Kerja Sama Dengan UI Bangun Software Pesawat

Indah Pratiwi - 05/09/2017 18:42

Beritacenter.com - Universitas Indonesia(UI) akan melakukan kolaborasi dengan Perusahaan Dirgantara Indonesia(PT DI) dengan melakukan pembuatan software-software untuk pesawat terbang.

Hal ini disenadakan oleh Direktur Teknologi dan Pengembangan PT DI, Andi Alisyahbana yang mengatakan bahwa potensi ini akan dilakukan antara PT DI dengan UI dalam bidang teknologi informasi(IT).

"Misalnya pada IT, kami butuh software untuk produksi. Begitupun pada produknya, kami perlu software untuk pesawat. Itu yang sedang dibangun, sehingga nanti diharapkan mereka bisa terlibat," jelas Andi usai pertemuan antara UI dan PT DI di Bandung, Selasa (5/9/2017).

Kerja sama pembuatan software-software ini diharapkan mampu membuat PT DI melebarkan sayap kembali dan bisa membangun kerjasama yang lebih luas. Kerja sama ini perlu ditingkatkan lantaran melihat potensi SDM yang dimiliki oleh UI.

"Mereka (UI) pun berharap mahasiswa S1 dan S2-nya bisa melakukan penelitian di PT DI. Sehingga diharapkan dapat menghasilkan tindakan yang saling mendukung," ujar dia.

Andi menambahkan, dengan kerja sama ini produk PT DI dapat bermanfaat lebih maksimal di dalam dan luar negeri. PT DI sendiri berharap produk pesawatnya menjadikan pesawat andalan dalam negeri dan banyak dipakai oleh kalangan sipil.

"Saat ini produk kami hampir 80% dipakai militer. Ke depan, kami berharap komposisinya 50% dipakai sipil. Walaupun, kami juga memproduksi pesawat multi purpose, bisa untuk sipil atau militer," tutup dia.



Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA