Monday, 18 Jun 2018
Temukan Kami di :
Teknologi

Astronom Jepang Tercengang Dengan Penemuan Black Hole di Bimasakti

Indah Pratiwi - 05/09/2017 17:11 ILUSTRASI

Beritacenter.com - Astronom asal Jepang temukan jejak lubang hitam atau Black Hole 100 ribu lebih besar dari Matahari yang berada di sekitaran kawasan galaksi Bimasakti yang membuat para astronom Jepang tercengang.

Berdasarkan laporan IFLScience, lubang hitam ini diperkirakan berada di tengah-tengah galaksi Bimasakti yang jaraknya berada di kisaran 200 tahun cahaya dari pusat galaksi Bimasakti ini.

Menurut astronom Jepang, Tomoharu dari Keio University bahwa semua itu berdasarkan data yang kuat dan ini membuktikan Black Hole berukuran menengah benar-benar ada di galaksi Bimasakti ini.

"Ini penemuan kandidat lubang hitam bermassa menengah pertama di galaksi Bimasakti," kata Oka kepada IFLScience, Selasa(5/9/2017).

Keberadaan Black Hole di galaksi Bimasakti ini mengeluarkan pancaran awan gas yang begitu mirip dengan inti galaksi. Tim saat ini mempelajari pergerakan gas dari sebuah objek yang konsisten di pusatnya.

Menurut Tomoharu, Black Hole di Bimasakti ini terus mengalami berevolusi dam membesar di pusat galaksi.

Dikhawatirkan lubang hitam ini menelan satu sama lain hingga membesar menjadi lubang hitam supermasif. Observasi ini terus dilakukan untuk menjelaskan proses lubang hitam yang bergerak dan menanti apakah lubang hitam ini akan menelan planet-planet di kawasan galaksi Bimasakti atau tidak.

 



Berita Lainnya

Setelah Rusia, Giliran Iran Blokir Telegram

14/06/2018 05:20 - Anas Baidowi
Kemukakan Pendapat


BOLA