Monday, 18 Jun 2018
Temukan Kami di :
Opini

Rahasia Tanggal 17 Agustus Mengapa Sebagai Hari Kemerdekaan Indonesia

Indah Pratiwi - 16/08/2017 15:21 Pahlawan Proklamator, Presiden RI Ir. Soekarno Membacakan Teks Proklamasi

Beritacenter.com - Hari Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia(NKRI) memiliki makna tersendiri sebagai bangsa yang besar. Tidak banyak orang yang tahu mengapa tanggal 17 Agustus 1945 merupkan hari kemerdekaan Republik Indonesia.

Dalam bedah buku Samudera Merah Putih yang dibuat oleh Lasmidjah Hardi menceritakan bahwa pemilihan tanggal 17 Agustus memiliki alasan yang mengandung unsur mistik yang saat itu dipercaya oleh pahlawan prokalmator Ir. Soekarno.

Sebelum menjelang hari kemerdekaan Indonesia, Ir. Soekarno pada saat itu berkumpul bersama pemuda-pemudi Indonesia yang salah satu diantaranya adalah Sukarni Kartodiwirjo yang diadakan pada tanggal 16 Agustus 1945.

Dua hari sebelum menjelang Proklamasi Kemerdekaan RI, pada tanggal 15 Agustus 1945, suasana Jakarta dan di berbagai daerah sangat tegang dan penuh kesibukan. Rumah Soekarno saat itu dihadiri oleh ribuan pemuda yang sudah mengetahui penjajah Jepang telah menyerah kepada sekutu.

Ir. Soekarno pada saat itu diculik ke Rengasdenglok dan didesak untuk segera memproklamasikan kemerdekaan. Lalu, Ir. Soekarno bersi tegas bahwa ia memilih tanggal 17 Agustus 1945 sebagai hari kemerdekaan bangsa besar Indonesia.

Alasan Ir. Soekarno mengambil 17 Agustus 1945 lantaran hari yang baik dan merupakan angka yang suci karena tanggal 17 dimana Al Qur'an diturunkan. Selain itu, orang Islam sendiri sembahyang sebanyak 17 rakaat dalam sehari.

Perlu diketahui, tanggal 17 Agustus 1945 saat itu merupakan bulan suci Ramadhan dan juga jatuh pada hari Jumat.

"Saya seorang yang percaya pada mistik. Saya tidak dapat menerangkan secara pertimbangan akal mengapa tanggal 17 lebih memberi harapan. Angka 17 adalah suci. Orang Islam melaksanakan shalat 17 rakaat sehari. Dan, hari Jumat merupakan hari suci," jawab Ir. Soekarno dengan tegas.

 



Berita Lainnya

Soal Reaktifasi Koopssusgab Indonesia

07/06/2018 11:35 - Indah Pratiwi
Kemukakan Pendapat


BOLA