Monday, 18 Jun 2018
Temukan Kami di :
Ekonomi

Ada Makanan Mengandung Semua Gizi, "Itu Hoax"

Anas Baidowi - 01/08/2017 15:50

Beritacenter.COM - Spesialis gizi dari Rumah Sakit Pelni, dr Juwalita Surapsari mengatakan, tidak ada satupun makanan yang mengandung semua zat gizi yang dibutuhkan tubuh, karena masing-masing memiliki nutrisinya sediri-sendiri.

"Tidak ada satupun makanan yang super, mengandnung semua zat gizi. Ada kelompok pangan tertentu misalnya yang sudah mengandung mikronutrien," tegas Pelni, Selasa (1/8).

Ia mencontohakan susu, menurutnya, susu memang dianggap sebagai sumber lengkap kandungan makronutrien dan mikronutrien. Tapi tentu saja, tak semua kebutuhan nutrisi terpenuhi hanya dengan mengkonsumsi susu.

"Pangan yang dianggap kaya itu susu. Ada kombinasi vitamin B, K, Kalsium yang berperan untuk pertumbuhan. Lalu B12 untuk metabolisme tubuh, menghasilkan energi," tutur Juwalita.

Perlu diingat, seseorang membutuhkan karbohidrat, vitamin, protein, lemak ditambah sedikit asupan gula dan garam. Oleh karenanya asupan makanan yang beragam menjadi penting.

"Variasikan makanan. Ingat apakah makanan yang kita konsumsi sesuai kebutuhan makronutrien dan mikronutrien kita," kata Juwalita.

Hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2010 menunjukkan kualitas protein yang dikonsumsi rata-rata masyarakat Indonesia masih rendah.

Hal ini karena ketidakseimbangan antara konsumsi protein hewani seperti susu, ayam, ikan, dan telur, serta protein nabati.



Berita Lainnya

Warga Ngawi "Gelisah" Gas Melon "Menghilang"

08/06/2018 18:47 - Indah Pratiwi
Kemukakan Pendapat


BOLA