Saturday, 11 Apr 2020
Temukan Kami di :
Opini

Doa Orang Yang Dikabuli

Indah Pratiwi - 12/07/2017 04:28

Beritacenter.com - Terkadang, banyak manusia yang tidak sabar menunggu hasil dari doa yang dipanjatkan. Mereka menunggu kapan doa tersebut dikabulkan. Allah SWT, secara umum telah mengkhususkan doa siapa saja yang dapat dikabulkan.

Setidaknya terdapat sembilan orang yang doanya mustajab. Pertama, orang yang terkena musibah dan sangat membutuhkan. Janji itu termuat dalam Alquran Surat An Naml ayat 62.

Baca Juga: Ada 10 Perkara Doamu Tidak Terkunjung Terkabul

Allah berfirman, " Atau siapakah yang memperkenankan (doa) orang yang dalam kesulitan apabila ia berdoa kepada-Nya, dan yang menghilangkan kesusahan dan yang menjadikan kamu (manusia) sebagai khalifah di bumi? Apakah di samping Allah ada tuhan (yang lain)? Amat sedikitlah kamu mengingati (Nya)" (QS An-Naml 62).

Ayat ini menunjukkan bahwa orang yang berada dalam kesulitan bila berdoa akan dikabulkan oleh Allah, baik seorang kafir, apalagi seorang Muslim. Tetapi Allah hanya mengabulkan doa orang fajir -orang yang banyak melakukan perbuatan dosa- dan orang kafir dalam masalah darurat keduniaan, bukan perkara akhirat. Ini tertuang dalam ayat,

" Maka apabila mereka (orang kafir) naik kapal mendoa kepada Allah dengan memurnikan keta’atan kepada-Nya, maka tatkala Allah menyelamatkan mereka sampai ke darat, tiba-tiba mereka (kembali) mempersekutukan (Allah)” (Al-Ankabut: 65).

Ke dua, sebagaimana diriwayatkan Bukhari dan Muslim, dalam hadis Ibnu Abbas mengisahkan bagaimana Mu'adz pernah diutus oleh Rasulullah.

Baca Juga: Wow, Ternyata Gerakan Sholat Mempunyai Manfaat Untuk Kesehatan

" Serta takutlah kepada doa orang yang terzalimi, sesungguhnya tak ada hijab antara do’anya dengan Allah (doanya terkabul)"

Ke tiga, kedua orangtua yang meendoakan anaknya. Dalam hadis riwayat Abu Daud dan Tirmidzi, dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda, " Tiga doa yang dikabulkan, tidak diragukan pengabulannya; doanya orangtua (maksudnya untuk anaknya), doanya seorang musafir, dan doanya yang terzalimi."

Ke empat, doa pemimpin yang adil. Dalam hadis yang diriwayatkan Tirmidzi, Rasulullah pernah bersabda, " Ada tiga orang yang doanya tidak ditolak, pemimpin yang adil, orang yang berpuasa sampai dia berbuka, dan doa orang yang didzalimi, Allah angkat di atas awan pada hari kiamat."

 

 

Sumber: Dream



Berita Lainnya

Kami Tetap Bersamamu "JOKO WIDODO"

09/04/2020 11:37 - Indah Pratiwi Budi

Melawan Pandemi

08/04/2020 16:20 - Indah Pratiwi Budi

Indonesia Dimusuhi (Pengkhianat) Bangsa

08/04/2020 13:00 - Indah Pratiwi Budi
Kemukakan Pendapat


BOLA