Sunday, 22 Apr 2018
Temukan Kami di :
News

Terkait Kasus Novel Baswedan, Polri Sudah Temukan Saksi Kunci

Dewi Sari - 20/06/2017 02:02

Beritacenter.com - Terakait penyiraman penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan. Polri terus disudutkan karena dalam kurun waktu dua bulan belum bisa menemukan pelakunya.

Kapolri Jendral Tito Karnavian akhirnya membawa para pejabat utama Mabes Polri, Kapolda Metro Jaya dan para penyidik untuk menjelaskan perkembangan penyidikan kasus Novel. Senin ( 19/6/2017).

Menurut pantauan tim Beritacenter, Tito menemui beberapa pejabat dan pimpinan KPK yaitu Agus Rahardjo ‎yakni Kabareskrim Komjen Ari Dono, Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Setyo Wasisto, Kapolda Metro Jaya, Irjen M Iriawan.

Kadivkum Polda Metro Jaya, Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya dan banyak penyidik lainnya.

Selama lebih dari dua jam, Tito memaparkan pada Agus soal perkembangan penyidikan dan bagaimana rencana kedepan yang akan ditempuh.

Jendral bintang empat tersebut menyampaikan kepada Agus dirinya telah menemukan titik terang dalam kasus ini. Penyidik menemukan saksi kunci yang melihat langsung pelaku lapangan yang menyiram air keras kepada Novel.

Dalam kasus ini memang dibutuhkan waktu dikarenakan saksi yang melihat langsung takut terancam karena mengetahui kasus Novel.

"‎Total saksi yang kami periksa ada 56 orang. Progresnya kami temukan saksi yang melihat langsung pelaku, yang hafal betul tipologi pelaku. Saksi-saksi di kasus ini banyak yang tertutup," ujar Tito.

Tito menuturkan, dalam kasus pidana memang banyak saksi yang takut memberikan keterangan karena takut menjadi target apalagi menyangkut kasus teror hingga pembunuhan.

"Tim saya tidak ‎berhenti datangi lokasi, terus bicara dari hati ke hati dengan warga sekitar. Saya apresiasi tim yang tidak berhenti ke lapangan mencari informasi sampai menemukan saksi kunci," terang Tito.

Tito mengatakan dalam keterangan yang diberikan oleh saksi kunci yang dirahasiakan idntitasnya penyidik mendapatkan banyak informasi darinya terkait pelaku penyiraman Novel Baswedan.

Dan pihak kepolisian telah menjamin dan keselamatan saksi, saksi kunci ini terus dijaga dan dijamin keselamatannya.

"‎Perlindungan saksi kunci sudah kami berikan. Saksi ini tetap tinggal di rumahnya, dari Polsek setempat sudah menjalankan tugasnya," ungkap mantan Kapolda Papua itu.

Kapolri berharap secapatnya pelaku penyiraman terhadap penyidik senior KPK ini bisa terungkap.

Dirinya hanya bisa berdoa dalam kasus ini penyidik hanyalah 25 persen, sementara sisanya sebanyak 75 persen itu kehendak Tuhan.

"Semoga Tuhan memberi kemudahan dan jalan sehingga kasus ini cepat terungkap. Dengan terungkapnya kasus ini tentu melegakan kami, ini hutang bagi polisi," tambah Tito.



Berita Lainnya

Polisi Tetapkan Bos PT CAG Jadi Buronan

20/04/2018 19:08 - Anas Baidowi
Kemukakan Pendapat