Monday, 20 Aug 2018
Temukan Kami di :
Nasional

MUI: Pancasila Mengajarkan Tentang Etika Hidup

Indah Pratiwi - 08/05/2017 08:38 Ilustrasi

Beritacenter.com - Majelis Ulama Indonesia(MUI) Propinsi Kepulauan Bangka Belitung serukan umat dan organisasi masyarakat(Ormas) untuk tetap menaati hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia(NKRI).

Hal ini ditegaskan oleh Ketua MUI Bangka, Syaiful Zohri bahwa ia menilai seluruh ormas harus memiliki visi dan misi dan tetap jangan sampai keluar dari asas NKRI dan Pancasila sebagai ideologi bangsa.

"Cara pandang serta misi dan visi suatu organisasi tetap kita hargai, namun jangan sampai keluar dari asas NKRI yakni Pancasila," katanya, Senin(8/5/2017).

Menurutnya, keutuhan NKRI merupakan harga mati dan sudah menjadi kewajiban untuk dijaga bersama-sama baik oleh TNI/Polri dan seluruh masyarakat Indonesia. "Jangan sampai ada satu ormas yang melakukan gerakan yang bertentangan dengan ideologi Pancasila sebagai dasar negara yang kita cintai," ujarnya.

Ia menambahkan, Kemerdekaan Indonesia direbut bukan dengan cara yang mudah. Banyak pengorbanan dan darah untuk merebut negara dengan mengusir para penjajah. Kemerdekaan Indonesia merupakan rahmat dari Tuhan untuk masyarakat agar dapat hidup di Indonesia yang memiliki kekayaan yang melimpah dan keanekaragaman budaya.

"Menjaga kesatuan dan persatuan bangsa menjadi bagian kewajiban bagi umat beragama, saling hormat menghormati pendapat pihak lain selama pendapat itu dibenarkan oleh aturan agama dan aturan negara adalah bagian dari ibadah. Kita harus bersyukur dapat hidup di Indonesia, di mana dasar negara yakni Pancasila mengajarkan tentang etika hidup bermasyarakat dan bernegara," tegasnya.

 

 



Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA