Friday, 22 Jun 2018
Temukan Kami di :
Nasional

Ketua MUI : Indonesia Itu Republik, Tak Perlu Lagi Bicara Khilafah

Sudah selesai kesepakatannya, sudah selesai. Ini kan gaduh karena ada kelompok baru yang inginkan sistem lain

Sari Intan - 24/04/2017 09:27 Ketua Umum MUI KH Ma'ruf Amin

Beritacenter.com - Indonesia merupakan negara dengan sistem republik karena nya menurut Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma'ruf Amin Khilafah tidaklah cocok di Indonesia.

"Indonesia kan sistemnya republik, pilar kebangsaan yang disepakati. Kita tak perlu bicara khilafah, sudah tak ada lagi," kata Ma'ruf Amin usai pembukaan Kongres Ekonomi Umat tahun 2017 di Jakarta, Sabtu (22/4).

Ma'ruf juga menjelaskan bahwa sistem yang digunakan di Indonesia telah disepakati oleh semua tokoh Indonesia dari mahzab apapun, dan jika muncul sistem baru, dikhawatirkan bisa berpotensi menimbulkan gejolak.

"Sudah selesai kesepakatannya, sudah selesai. Ini kan gaduh karena ada kelompok baru yang inginkan sistem lain," kata Ma'ruf menanggapi rencana penyelenggaraan "International Khilafah Forum" di Jakarta, Minggu (24/4/2017).

Sebelumnya juga telah diberitakan bahwa akan ada kegiatan International Khilafah Forum yang diselenggarakan oleh Hizbut Tahrir Indonesia (HTI). Namun acara tersebut tak mendapatkan izin dari Polda Metro Jaya usai dilakukan analisa dan evaluasi.

"Pada prinsipnya Polda Metro Jaya tidak mengizinkan kegiatan itu sampai sekarang belum ada izin, Kegiatan mengumpulkan banyak masyarakat, kepolisian evaluasi kegiatan itu kira-kira bagaimana (potensinya)," kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Argo Yuwono.



Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA