Monday, 18 Nov 2019
Temukan Kami di :
Nasional

Begini Tanggapan Kemlu Adanya WNI Yang Terlibat Pembunuhan Kim Jong Nam

Indah Pratiwi - 16/02/2017 19:35

Beritacenter.com - Pelaku pembunuhan terhadap kakak kandung saudara pemimpin Korea Utara(Korut) Kim Jong Un yang diketahui bernama Kim Jong Nam dibenarkan bahwa seorang yang diduga ditangkap oleh Polisi Malaysia merupakan Warga Negara Indonesia.

Menurut Direktur Perlindungan WNI dan Bantuan Hukum Indonesia Muhamad Iqbal menyatakan secara bersamaan bahwa KBRI Kuala Lumpur telah meminta otoritas keamanan Malaysia terkait informasi ditangkapnya seorang wanita pemegang paspor Indonesia yang terlibat pembunuhan kepada seorang pria asal Korea Utara akan memberikan pendampingan kepada Siti dan memenuhi hak-hak hukumnya.

Baca Juga: Pelaku Pembunuh Berpaspor Indonesia Ditanggapi Polri

"Pihak KBRI sendiri telah meminta informasi otoritas keamanan Malaysia terkait adanya pemberitaan ditangkapnya seorang perempuan asal Indonesia yang diduga telah melakukan pembunuhan terhadap kakak saudara Pemimpin Korut," ungkapnya, Kamis(16/2/2017).

Hal ini disampaikan juga oleh Kedutaan Besar Korea Utara(Korut) untuk Indonesia, An Kwang II yang telah memeriksa laporan ini. Polisi Diraja Malaysia telah melakukan penahanan terhadap pemegang dokumen Vietnam dengan kasus pembunuhan Kim Jong Nam.

Tersangka pertama yang ditahan di Kuala Lumpur International Airport 2, Doan Thi Huong, berusia 29 tahun, yang membawa paspor Vietnam, akan disidangkan di pengadilan pada hari Kamis. Polisi mengatakan ia ditahan selama satu malam di Selangor setelah penangkapannya.

"Kami mencari tersangka lain," ujar kepala polisi negara bagian Selangor, Malaysia.

Dua wanita tersebut diduga beraksi pada Senin, 13 Februari 2017, saat Kim Jong-nam tengah bersiap naik pesawat ke Makau, di mana ia telah menghabiskan bertahun-tahun hidupnya di pengasingan.

Baca Juga: Salah Satu Pelaku Pembunuh Saudara Pemimpin Kim Jong Un Berpaspor Indonesia

Pihak otoritas keamanan Malaysia kini telah melakukan penyelidikan medis terhadap jenazah Kim Jong Nam. Namun, besar kemungkinan setelah penyelidikan selesai, jenazah Kim Jong Nam akan diterbangkan ke negara Korut untuk diserahkan kepada pemerintah Korea Utara.

Sedang, pihak KBRI di Malaysia akan terus memantau perkembangkan terkait informasi pembunuhan Kim Jong Nam dengan pihak otoritas keamanan Malaysia.

 



Berita Lainnya

LSI Denny JA "Kepercayan Publik Ke KPK Menurun"

15/11/2019 18:00 - Indah Pratiwi Budi
Kemukakan Pendapat


BOLA