Friday, 26 Apr 2019
Temukan Kami di :
Samarinda

Kota Samarinda Menjadi Kota Pesona Indonesia

Indah Pratiwi - 29/09/2016 18:36

Beritacenter.com - Samarinda merupakan kota terbesar yang berada di Pulau Kalimantan. Wilayah Samarinda memang berbatasan langsung dengan Kabupaten Kutai Kartanegara. Kota Samarinda memiliki jumlah penduduk 805.688 jiwa pada catatan tahun 2013.

Dengan seluas wilayah 718 Kilometer persegi, Samarinda juga dikenal memiliki jumlah penduduk terbesar di seluruh Kalimantan. Perlu diketahui, Samarinda dahulu merupakan wilayah Kesultanan Kutai Kartanegara ing Martadipura, Kamis (29/9).

Samarinda juga memiliki aneka ragam wisata alam dan budaya. Objek wisata-wisata tersebut menjadi primadona Kota Samarinda untuk menjadi sumber pariwisata yang dapat mengundang wisatawan lokal maupun mancanegara.

Objek wisata alam yang ada di Samarinda antara lain ialah Air terjun Tanah Merah, Air terjun Berambai, Air terjun Pinang Seribu, Gunung Steling Selili, dan Kebun Raya Unmul Samarinda yang terdapat atraksi danau alam, kebun binatang dan panggung hiburan. Wisata alam tersebut memanjakan mata untuk menikmati keindahan alam yang berada di kota Samarinda.

 

Sedangkan, para pengunjung wisatawan juga bisa menikmati wisata budaya yang berada di Samarinda. Para pengunjung bisa mengunjungi Desa Budaya Pampang yang berjarak sekitar 20 km dari pusat kota. Pampang akan menampilkan atraksi budayanya dari suku Dayak Kenyah.

Ada juga budaya dari Samarinda menghasilkan kreativitas berupa ukir-ukiran dan pernak-pernik lainnya yang bisa didapatkan di Citra Niaga. Samarinda juga mempunyai produk tekstil yang bernama Sarung Samarinda dan Batik Ampiek, batik yang bermotif ukiran Dayak.



Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA