Monday, 26 Feb 2018
Temukan Kami di :
News

Jangan Ucapkan Kalimat Ini Jika Tak Ingin Allah SWT Murka

Hiliyah Azizah - 13/02/2018 21:00

Beritacenter.COM - Dengan berbagai masalah yang ada di kehidupan seseorang, tak jarang masalah tersebut membuat jengkel dan tanpa sengaja sejumlah kalimat tertentu terlontar dari mulut kita. Kita pun menganggap kalimat itu sepele sehingga tak perhatian pada dampaknya.

Padahal, ternyata kalimat tersebut punya dampak besar lho. Allah bisa murka jika sampai kita mengucapkan kalimat tersebut, seperti dijelaskan dalam hadis riwayat Bukhari.

Rasulullah Muhammad SAW bersabda, " Sungguh seseorang mengucapkan satu kalimat yang mendatangkan kemurkaan Allah, namun dia menganggapnya ringan, karenanya dia dilemparkan ke dalam api neraka."

Kalimat yang dimaksud adalah " Seandainya itu terjadi..." Hal ini seperti tertuang dalam hadis riwayat Abu Dawud.

Dari Ibnu Mas'ud RA, dia berkata, " Sungguh aku menggigit bara api hingga dingin lebih aku sukai daripada aku berkata kepada suatu perkara yang telah ditetapkan oleh Allah : “ Seandainya tidak terjadi.."

Dalam hadis riwayat Muslim, Rasulullah mengajarkan kalimat " Seandainya itu terjadi..." merupakan pembuka dari amalan setan. Kita diajarkan untuk menerima apa yang sudah ditetapkan Allah SWT.

Bersungguh-sungguhlah dalam hal-hal yang bermanfaat bagimu dan mohonlah pertolongan kepada Allah (dalam segala urusan), serta janganlah sekali-kali kamu bersikap lemah. Jika kamu tertimpa sesuatu (kegagalan), maka janganlah kamu mengatakan, 'Seandainya aku berbuat demikian, pastilah tidak akan begini atau begitu'. Tetapi katakanlah, 'Ini telah ditakdirkan oleh Allah dan Allah berbuat sesuai dengan apa yang dikehendaki'. Karena sesungguhnya perkataan seandainya akan membuka (pintu) perbuatan setan.

Baca selengkapnya disini...




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat