Friday, 23 Feb 2018
Temukan Kami di :
Nasional

Pansus Angket KPK Tersenyum Manis, Setalah MK Mengesahkan Pansus KPK Terhadap KPK

Bunga Putri - 13/02/2018 11:56

Beritacenter.COM - KPK harus tunduk dengan Panitia Khusus Hak Angket, karena Mahkamah Konstitusi (MK) telah memutuskan keberadaan Panitia Khusus Hak Angket terhadap KPK sah.

Dengan hasil keputusan tersebut Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo Menghormati putusan MK dan pihaknya akan hadir apabila dipanggil Pansus KPK.

"Iya, kalau kita kan... Itu tadi kan sudah dijelaskan bahwa KPK menghormati putusan MK. MK kan menyatakan pansusnya konstitusional. Intinya kan kita, iya (akan hadir jika dipanggil pansus)," ujarnya seusai rapat dengar pendapat dengan Komisi III DPR, di Gedung Nusantara II, Senayan, Jakarta, kemarin.

Baca: KPK Harus Tunduk Kepada Pansus KPK

Ia menyatakan telah menerima draf akhir rekomendasi Pansus Angket KPK. Saat ini, pihak KPK telah mempelajari daraf tersebut, khususnyaa terkait dengan limitasi putusan. KPK juga akan memberikan jawaban atau pendapat atas rekomendasi tersebut pada rapat lanjutan dengan Komisi III DPR.

"Sekarang sedang dipelajari. Kemudian ada bagian-bagian, kalau tidak salah, kan, putusannya juga limitatif. Ada yang dipelajari. Nanti termasuk jawaban kita untuk besok. Besok (hari ini) kan ketemu lagi di sini," tandasnya.

Dalam rapat dengar pendapat itu, anggota Komisi III yang juga anggota Pansus Angket dari F-PDIP, Arteria Dahlan, menegaskan tidak ada alasan lagi bagi KPK untuk tidak menghadiri panggilan pansus. Pasalnya, MK telah memutuskan Pansus Angket konstitusional.

"Mudah-mudahan hormati yang tegak lurus ke temen-temen media. Bahwa tidak ada permasalahan soal Pasal 79 ayat (3) Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (MD3). Tidak ada permasalahan konstitusional panggil KPK dalam hak angket," katanya berapi-api.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat