Friday, 23 Feb 2018
Temukan Kami di :
News

Terobosan Baru, Polres Bekasi Bentuk Polisi RW, 600 Personel Siap Dikerahkan

Hiliyah Azizah - 12/02/2018 22:53

Beritacenter.COM - Guna mencegah gangguan keamanan dan ketertiban di wilayah hukum paling bawah yakni rukun warga (RW) Polres Metro Bekasi Kota membentuk polisi khusus. Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Indarto mengatakan, terobosan ini adalah konsep ideal bagi masyarakat Bekasi yang makin beragam. Sebab, kepolisian di era sekarang harus mampu bekerja lebih prima.

"Di zaman dulu itu polisi bertugas memberantas kejahatan, namun, hal itu kurang efektif karena menanggulangi yang telah terjadi. Berbeda dengan polisi sekarang yang harus mampu mendeteksi secara dini," katanya, Senin (12/2/2018).

Indarto menambahkan, fungsi intelijen dan pembinaan masyarakat menjadi fokus utama untuk polisi RW. Oleh karena itu, pihaknya juga akan meluncurkan aplikasi agar lebih mudah mamantau masyarakat.

"Tugas polisi RW adalah ketidaktertiban itu menjadi tertib. Kemudian nanti misalnya apabila ada rumah kosong, pohon yang mau roboh agar berkoordinasi dengan ketua RT maupun RW setempat guna menjadikan lingkungan yang terpantau," katanya.

Untuk mewujudkan itu semua, Polres Bekasi telah menyiapkan 600 personel pilihan dengan harapan mampu melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab. Dengan terbentuknya polisi RW, Polres Bekasi berniat menjadi contoh polisi masyarakat di Indonesia.

"Jadi rekan-rekan harus bangga karena kita adalah percontohan," kata Indarto.

Sementara itu, Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi mengaku siap memberikan insentif untuk anggota polisi RW. Insentif ini merupakan bentuk penghargaan bagi anggota terhadap kinerjanya ke depan.

"Itu bagian dari apresiasi terhadap kerja para polisi RW, sama seperti insentif terhadap pengurus RT dan RW," tutup Rahmat.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat