Monday, 26 Feb 2018
Temukan Kami di :
Kesehatan

Lawan Diabetes Dengan Vitamin D

Anas Baidowi - 11/02/2018 17:37

Beritacenter.COM - Penyakit diabetes telah menjadi masalah kesehatan utama yang diderita banyak orang. Penyakit tidak menular itu telah menduduki peringkat tertinggi dalam penyebab kematian di dunia. Sebelum kita diserang diabetes, kita dapat menekan resiko diabetes dengan banyak mengkonsumsi vitamin D.

Penelitian yang dipublikasikan oleh Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism, menemukan bahwa orang yang memiliki kandungan vitamin D tinggi dalam tubuhnya memiliki kandungan gula darah yang rendah. Hal tersebut menunjukan hubungan yang erat antara kandungan gula darah dan vitamin D. Lebih lanjut, menurut penelitian yang dilakukan di Spanyol tersebut dijelaskan bahwa vitamin D memiliki peran dalam metabolisme gula darah, sehingga kadar gula dalam darah dapat terkontrol.

Makanan menjadi sumber utama vitamin D untuk daerah nontropis. Makanan sumber hewani kaya yang vitamin D contohnya seperti kuning telur, hati, krim, mentega, dan minyak hati-ikan.

Selain makanan, sinar matahari menjadi sumber vitamin D yang paling penting. Vitamin D dari sinar matahari merupakan bentuk vitamin D yang dianggap paling baik. Hal ini disebabkan tubuh kita akan memproduksi vitamin D lebih baik apabila terpapar sinar matahari. Hanya berjemur selama 5 menit saja, tubuh sudah dapat memproduksi vitamin D untuk kebutuhan sehari. Penelitian menunjukan lebih dari 1 miliar orang di dunia kekurangan vitamin D akibat kurangnya terpapar sinar matahari. Namun, pada negara tropis seperti Indonesia, paparan sinar matahari umumnya bisa kita rasakan hampir sepanjang tahun sehingga asupan vitamin D untuk tubuh dapat dicukupi apabila kita mendapatkan paparan sinar matahari yang cukup.

Kebutuhan vitamin D tubuh penting untuk dicukupi, karena selain tubuh akan mendapatkan fungsi utama vitamin D untuk tulang, tubuh kita juga akan merasakan manfaat lain yaitu terhindar dari diabetes.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat