Friday, 23 Feb 2018
Temukan Kami di :
Internasional

Kapal Pemburu Pesawat MH370 Mendadak Hilang Kontak di Lautan Samudera

Indah Pratiwi - 09/02/2018 00:11

Beritacenter.com - Hilangnya kapal pencari pesawat MH370 membuat Pemerintah Malaysia mencoba menenangkan situasi hilangnya kapal Seabed Constructor memburu pesawat Malaysia Airlines MH370 di perairan Samudera Hindia.

Pemerintah Malaysia mengirimkan kapal berteknologi canggih yang melakukan misi pencarian sejak Januari itu hilang dari monitor radar beberapa hari lalu di perairan lepas samudera, Jumat(9/2).

Baca Juga: 22 Potongan Puing-puing Pesawat MH370 Dikumpulkan

"Tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Kami meminta anggota keluarga tidak mendengarkan rumor-rumor dari berita bohong," kata Menteri Perhubungan Malaysia, Liow Tiong Lai, dikutip dari AFP, Kamis (8/2/2018).

Kapal bernama Seabed Constructor dalam kondisi baik-baik saja dan akan melanjutkan pencarian sesuai rencana semula. Kabarnya, kapal itu sedang mengisi bahan bakar di Australia.

Seabed Constructor merupakan kapal yang ikut ambil bagian dalam misi pencarian pesawat Malaysia Airlines MH370 yang hilang sejak Maret 2014. Pesawat yang mengangkut 239 penumpang, sebagian besar merupakan warga China, itu hilang dalam penerbangan dari Kuala Lumpur menuju Beijing, Tiongkok.

Baca Juga: Malaysia Lanjutkan Misi Pencarian Kotak Hitam Pesawat Malaysia Airlines 370

Pemerintah Malaysia melanjutkan pencarian dengan menggandeng perusahaan eksplorasi laut asal Amerika Serikat, Ocean Infinity. Perusahaan mengerahkan kapal Seabed Constructor yang dilengkapi dengan drone bawah laut berteknologi canggih yang mampu menjelajah lautan samudera.

Kapal Seabed Constructor akan menjelajahi laut Samudera Hindia seluas 25.000 km persegi dalam 3 bulan ke depan. Namun saat misi pencarian, alat pendeteksi lokasi atau Automatic Identification System di kapal tersebut dinonaktifkan tanpa alasan kabar yang jelas.

Pemerintah bekerjasama dengan perusahaan asal AS itu ialah melalui mekanisme kesepakatan antara Malaysia dengan Ocean Infinity adalah 'ada barang ada uang'. Artinya, perusahaan baru akan dibayar jika pesawat ditemukan. Kerjasama itu memakan uang yang cukup besar hingga maksimal bayaran yang akan diterima Ocean Infinity jika menemukan MH370 adalah USD70 juta atau sekitar Rp927 miliar.

 



Berita Lainnya

Kedubes AS Diguncang Bom di Motenegro

22/02/2018 15:06 - Indah Pratiwi
Kemukakan Pendapat