Friday, 23 Feb 2018
Temukan Kami di :
Opini

Ingin Rezeki, Kebaikan Dunia dan Akhirat? Baca Surat Ini....

Indah Pratiwi - 08/02/2018 00:50

Beritacenter.com - Surat Al Qur'an Al Waqiah merupakan anugerah dari Allah SWT untuk hamba-hambaNya lantaran khasiat surat tersebut tersimpan rahmat yang begitu luar biasa yang tentunya jika sering diamalkan secara ikhlas, Allah SWT akan cukupkan rezeki hambanya.

Bukan itu saja, khasiat kandungan surat Al Waqiah juga akan memberikan khasiat dan manfaat yang luar biasa jika sering diamalkan untuk dibaca di setiap malam.

Baca Juga; Dibalik Rahasia Dahsyatnya Manfaat dan Khasiat Surat Al-Ikhlas

Suatu hari, Khalifah Utsman bin Affan ingin memberikan sejumlah harta kepada seorang bernama Abdullah bin Mas'ud untuk istri dan putra putrinya. Namun, orang tersebut menolak lantaran ia tidak khawatir sama sekali terhadap penderitaan kemiskinannya.

Menurut Abdullah, bahwa ia pernah diajarkan oleh Rasulullah SAW kepadanya sebuah rahasia khasiat surat Al Waqiah. Rasulullah SAW bersabda:

“Barangsiapa membaca surat Al Waqiah setiap malam, dia tidak akan menderita kemiskinan selama-lamanya” (HR. Abu Ya’la dan Ibnu Asakir).

Baca Juga: Dibalik Rahasia Khasiat dan Manfaat Surat Ayat Kursi

Dalam sebuah bukunya karangan DR Abdurrahman Raf'at Al Basya yang juga ditulis oleh Buya Hamka dalam tafsir Al Azhar. Ibnu Katsir juga menyampaikan banyak hadits tentang keutamaan Surat Al Waqiah.

“Barangsiapa membaca surat Al Waqiah setiap malam, dia tidak akan menderita kemiskinan” (HR. Abu Syuja).

“Surat Al Waqiah adalah surat ‘kekayaan’. Maka bacalah Surat Al Waqiah dan ajarkanlah kepada anak-anak kalian” (HR. Ibnu Murdawaih).

“Ajarilah kaum perempuan kalian Surat Al Waqiah, karena sesungguhnya ia adalah surat kekayaan” (HR. Ad Dailami).

Berikut adalah khasiat dan manfaat Surat Al Waqiah jika rajin membacanya:

1. Mendatangkan Ketenangan
Menurut penelitan yang dilakukan oleh ahli dokter di dunia melaporkan dengan membaca atau mendengarkan Al Qur'an, dapat membuat kehidupan menjadi lebih tenang. Rasa gundah, galau dan gulana akan sirna jika seseorang rajin membaca Al Qur'an.

Bagi mereka yang membacakan Surat Al Waqiah meski tidak mengetahui artinya, maka akan mendapatkan ketenangan baik dari segi jiwa maupun raganya.

Baca Juga: Rahasia Dibalik Dahsyatnya Khasiat Keutamaan Surat Al Fatihah

Dalam hal ini, Imam Muhammad Al-Baqir (sa) berkata: “Barangsiapa yang membaca surat Al-Waqi’ah sebelum tidur, ia akan berjumpa dengan Allah dalam keadaan wajahnya seperti bulan purnama.” (Tsawabul A’mal, halaman 117).

2. Sebagai Obat
“Hendaklah kamu menggunakan kedua oba-obatan: madu dan Al-Quran” (Hadits Riwatat Ibni Majjah dan Ibnu Mas’ud).

3. Mendapat Kekayaan
“Ajarkanlah surah Al-Waqi’ah kepada isteri-isterimu. Kerana sesungguhnya ia adalah surah Kekayaan.” (Hadis riwayat Ibnu Ady).

Dikutip dari Imam Ja’far Ash-Shadiq (sa) berkata: “Barangsiapa yang membaca surat Al-Waqi’ah pada malam Jum’at, ia akan dicintai oleh Allah, dicintai oleh manusia, tidak melihat kesengsaraan, kefakiran, kebutuhan, dan penyakit dunia; surat ini adalah bagian dari sahabat Amirul Mukimin (sa) yang bagi beliau memiliki keistimewaan yang tidak tertandingi oleh yang lain.” (Tafsir Nur Ats-Tsaqalayn 5/203).

Baca Juga: Ingin Menjadi Orang Kaya Dan Terhindar Dari Siksa Kubur? Amalkan Ini...

4. Tidak Akan Ditimpa Kekafiran

“Barangsiapa yang membaca surat Al-Waqi’ah, ia tidak akan tertimpa oleh kefakiran selamanya.” (Tafsir Nur Ats-Tsaqalayn 5/203).

5. Menerima Syafaat di Hari Kiamat
Bagi orang yang rajin membaca Surat Al Waqiah ini, maka akan mendapatkan syafaat di hari kiamat yang sesuai dengan sabda Rasulullah SAW diriwayatkan Imam Muslim.

Baca Juga: Ingin Agar Hutang Piutang Mudah Terlunasi? Amalkan Doa Ini...

Imam Ja’far Ash-Shadiq (sa) berkata: “Barangsiapa yang merindukan surga dan sifatnya, maka bacalah surat Al-Waqi’ah; dan barangsiapa yang ingin melihat sifat neraka, maka bacalah surat As-Sajadah.” (Tsawabul A’mal, halaman 117).

 Baca Juga: Ingin Diringankan Beban Penderitaan Hidup? Amalkan Doa Ini...

Wallahu'alam Bishawab

 



Berita Lainnya

Menolak Isu 'HOAX' Yang Ditudingkan Pada BIN

22/02/2018 10:20 - Indah Pratiwi
Kemukakan Pendapat