Friday, 23 Feb 2018
Temukan Kami di :
Nasional

Gubernur Seluruh Indonesia Diminta Bantu Atasi Ancaman Terorisme dan Bencana Alam

Adam Khan - 07/02/2018 15:00

BeritaCenter.com – Gubernur seluruh Indonesia diminta dapat membantu pemerintah pusat untuk mencegah ancaman terorisme dan Bencana Alam.

"Kita fokuskan pada rapat kerja ini yang menyangkut masalah bagaimana kita melawan terorisme dan radikalisme. Bagaimana kita bersama-sama bisa mencegah dan menanggulangi bencana alam di republik ini," kata Wiranto di hotel Bidakara, Jalan Jenderal Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Rabu (7/1/2018).

Wiranto mengatakan bahwa untuk menanggulangi terorisme itu tidak hanya peran serta Pemda, tetapi terorisme adalah sesuatu ancaman yang bersifat total tidak kenal batas negara.

"Tidak kenal regulasi-regulasi negara manapun, punya jaringan secara internasional dan regional maka enggak mungkin, kalau diserahkan kepada BNPT, nggak mungkin atau serahkan kepada polisi, tidak mungkin tapi harus ikut serta karena bersifat total kita menanggulangi," terangnya.

Menurutnya, keterlibatan daerah diharapkan banyak membantu dalam proses deradikalisasi untuk memulihkan pelaku terorisme, atau membantu para korban terorisme, serta early warning tentang sumber-sumber terorisme.

"Betul-betul memfokuskan ke sana kalau ancaman ini bisa kita netralisir negeri ini bisa fokus pada pembangunan nasional lebih baik," katanya.

Selanjutnya, kata Wiranto soal waspada terhadap bencana alam. Dia berharap Pemda dapat memperkecil terjadinya bencana dan juga tanggap bencana.

"Supaya kalau terjadi kita betul-betul cepat tanggap untuk mengurangi korban n membantu korban itu. Saya kira sesuatu yang harus kita lakukan dan hari ini rapat kerja fokusnya ke sana," ucapnya.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat