Friday, 23 Feb 2018
Temukan Kami di :
Internasional

Belajar Dari Kasus Pelawak RI Diadili di Hong Kong, Berikut Pesan Prof Hikmahanto Bagi Yang Mau Ke Luar Negeri

Adam Khan - 07/02/2018 14:31

BeritaCenter.com - Dua pelawak asal Jawa Timur Cak Percil dan Cak Yudho diadili di Hong Kong karena kunjungannya digunakan untuk bekerja dengan melawak.

Meski ke Hong Kong bebas visa, tetapi itu hanya berlaku untuk orang yang akan benar-benar berwisata, tidak bisa digunakan untuk bekerja.

"Yang pasti kalau ke luar negeri untuk tujuan selain wisata, harus cek persyaratan di negara tersebut," kata Prof Hikmahanto, Rabu (7/2/2018).

Langkah kedua, wisatawan harus pandai-pandai dalam bermain media sosial. Baik Facebook, Twitter, Instagram dkk.

"Jangan posting-posting hal yang sensitif di medsos pribadi karena petugas negara yang dituju kerap akan melihat konten dari medsos kita," ujar guru besar Hukum Internasional Universitas Indonesia (UI) itu.

Ketiga, bila ditanya oleh otoritas setempat, maka pemegang paspor harus konsisten dalam menjawab. Karena kalau tidak konsisten akan dikejar terus dan ujungnya bisa tidak diperbolehkan masuk.

"Pastikan kita tahu alamat dan nomor kontak pengundang bila kita diundang. Kelima, bila menemui masalah di bandara, minta kesempatan kepada petugas setempat untuk menghubungi perwakilan RI di negara tersebut," ujar Prof Hik.

Sebagaimana diketahui, Cak Percil dan Cak Yudho kini ditahan otoritas serempat dan diadili. Keduanya didakwa telah melanggar UU Imigrasi Hong Kong dengan tampil melawak di sebuah acara dan menerima bayaran dengan hanya berbekal visa turis. Dua pelawak dari grup Guyon Maton itu digerebek saat baru akan memulai acara menghibur masyarakat WNI pada Minggu (4/2) di daerah Tsim Sha Tsui, Hong Kong.




Berita Lainnya

Kedubes AS Diguncang Bom di Motenegro

22/02/2018 15:06 - Indah Pratiwi
Kemukakan Pendapat