Friday, 23 Feb 2018
Temukan Kami di :
Internasional

Senjata Nuklir Rahasia Rusia Terbongkar Yang Membuat Kepanikan Dunia

Indah Pratiwi - 03/02/2018 18:03

Beritacenter.com - Senjata hipersonik yang berkemampuan nuklir yang kini sedang dikembangkan Rusia menjadi sorotan dunia lantaran kemampuan nuklirnya disebut menjadi senjata kiamat.

Senjata nuklir rahasia Rusia yang disebut Status 6 merupakan senjata militer Moskow yang resmi diberinama Oceanic Multipurpose System Status-6. Dalam dokumen Nuclear Posture Review(NPR), merupakan senjata yang memiliki daya ledak 100 megaton bom atom, Sabtu(3/2).

”Radius penghancuran total atau hampir total adalah ukuran area metropolitan yang cukup besar, sebenarnya,” kata Edward Geist, seorang spesialis Rusia di Rand Corporation yang telah menghabiskan waktu untuk menganalisi senjata itu. ”Sulit dibayangkan dalam hal normal,” ujarnya.

Senjata Status 6 itu bocor ke publik saat Stasiun Televisi Rusia tidak sengaja membocorkan informasi saat kunjungan Presiden Rusia Vladimir Putin berkunjung ke kota Sochi.

“Bertenaga nuklir, yang berarti bisa berkeliaran selama berbulan-bulan dan mungkin bahkan bertahun-tahun di bawah lautan tanpa ke permukaan. Muatannya adalah hulu ledak nuklir puluhan ribu megaton dalam hasilnya,” kata Geist.

Menurut analisis Geist, kekuatan bom yang dibawa torpedo Rusia lebih hebat dari pada bom yang pernah digunakan pada perang dunia ke dua dan lebih kuat dari pada gudang persenjataan AS dan Rusia.

”Peledakan Status-6 pada dasarnya akan menghancurkan penduduk target hingga ke daerah pinggiran yang jauh,” lanjut dia.

”Peledakan tersebut akan menyebabkan jumlah radioaktif yang sangat besar."



Berita Lainnya

Kedubes AS Diguncang Bom di Motenegro

22/02/2018 15:06 - Indah Pratiwi
Kemukakan Pendapat