Friday, 23 Feb 2018
Temukan Kami di :
Gadget

Awas, One Plus Dihack, Ribuan Data Nasabah Kartu Kredit Diretas

Indah Pratiwi - 23/01/2018 21:00

Beritacenter.com - Smartphone bermerk OnePlus diduga mengalami pelanggaran data yang menyebabkan data sebanyak 40.000 pelangannya diretas yang telah dikonfirmasi oleh perusahaan asal China tersebut.

Dikutip dari IBTimes, Pihak OnePlus sendiri telah mengirimkan sebuah email ke konsumen. Dalam tulisannya, OnePlus mengatakan bahwa situsnya OnePlus.net telah di-hack dengan skrip berbahaya pada Jumat (19/1). Skrip itu mengarah pada halaman pembayaran perusahaan yang dirancang untuk mengumpulkan data sensitif konsumen dari browser, Selasa(23/1).

“Skrip berbahaya dioperasikan sebentar-sebentar, menangkap dan mengirim data langsung dari browser pengguna. Sejak itu telah ditangani. Kami telah mengkarantina server yang terinfeksi dan memperkuat semua struktur sistem yang relevan,” kata OnePlus dalam sebuah pernyataan.

Sayangnya, para pelanggan OnePlus sendiri telah memasukkan rincian kartu kredit mereka di situs yang terinfeksi itu antara November 2017 hingga 11 Januari 2018. Pelanggaran data itu kemungkinan telah memperngaruhi data tersebut sehingga puluhan ribu data kartu kredit diduga telah berhasil diketahui oleh para peretas.

Pengiriman data yang dikirimkan mencakup nomor kartu kredit pelanggan, tanggal expired dan kode keamanan.

Pihak One Plus sendiri mengatakan bahwa pengguna yang melakukan pembayaran menggunakan kartu kredit yang sebelumnya tersimpan di rekening, PayPal atau metode kartu kredit melalui PayPal tidak terpengaruh dengan pelanggaran data itu lantaran rincian kartu pelanggan memang tidak pernah diproses atau disimpan di situs OnePlus.net.

"Ini dikirim langsung ke mitra pemrosesan pembayaran PCI-DSS kami melalui sambungan terenkripsi, dan diproses di server mereka yang aman," tulis OnePlus.

OnePlus sendiri sampai dengan ini belum memberi keterangan terkait penyebab pelanggaran yang terjadi pada situs resminya.

 



Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat